Smart Phone Terbaru di Amazon

Sumber Daya manusia dan Keamanan Komputasi Awan

Postingan kali ini, saya lanjutkan bahasan mengenai Elemen-elemen apa saja di komputasi Awan dan perkembanganya. Seperti biasa.. Untuk menyegarkan kembali pada postingan sebelumnya.. berikut, elemen-elemen penting pada komputasi awan:
  1. Cloud computing And Cloud services (komputasi awan dan Layanan dari Awan/Cloud).
  2. Technology Cloud computing ( Tehnologi Komputasi Awan ).
  3. Infrastructure Cloud computing ( Infrastruktur Komputasi Awan ).
  4. Software Cloud computing ( Perangkat Lunak Komputasi Awan ).
  5. Human Resource Cloud computing ( Sumber Daya Manusia Komputasi Awan ).
  6. Security Cloud computing( Keamanan Komputasi Awan )

Dan pada postingan ini, akan saya paparkan sedikit Ulasan pada poin yang  ke 5 dan 6. Sekaligus menutup postingan lanjutan mengenai Elemen-elemen Apa saja yang ada di Cloud Computing.
Baca juga : Konsep dan Sejarah Komputasi Awan.

Human Resource Cloud computing ( Sumber Daya Manusia Komputasi Awan ).
Memahami ―pemain dalam lingkungan komputasi awan adalah hal yang penting untuk lebih memahami cara kerja yang lebih dalam dari penyedia platform, untuk kelangsungan bisnis atau individu.
Berikut ini adalah sumber daya manusia yang terlibat dalam Komputasi Awan (Cloud Computing) :
  • Subscribers (Pelanggan).
Kelompok ini terdiri dari pebisnis yang menggunakan penawaran platform-as-a-service (Paas) untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi mereka. Dimana mereka mencari penawaran Cloud yang tepat untuk menjalankan usaha mereka, sehingga mempermudah mereka dalam berbisnis, menekan biaya usaha, efisien waktu dapat mereka peroleh dengan menggunakan penawaran ini.
  • Publishers (Penerbit).
Ketika pelanggan mulai menggunakan suatu penawaran, mereka sering memiliki akses ke katalog global dari aplikasi yang diterbitkan, alat-alat, prasarana, dan platform yang meningkatkan atau memperluas penawaran asli. item yang ditemukan di katalog disediakan oleh penerbit. Dalam dunia bisnis, perusahaan dapat berlangganan ke layanan ini, sementara para pengembang mempublikasikan layanan tersebut.
  • Operator Pusat Data (Data Center Operators).
Se-golongan dengan penerbit (dan yang utama untuk menawarkan) adalah operator pusat data yang menyediakan server, penyimpanan, dan konektivitas jaringan untuk platform.
Vendor untuk layanan Web Terpadu (Vendors for Integrated Web Services).
Berbagai layanan yang tersedia di Internet, banyak yang mungkin tidak disertakan dalam katalog global karena layanan tersebut diasumsikan atau karena popularitas mereka atau karena pelayanan yang belum dipublikasikan ke dalam catalog.
Penyedia Jasa OutSource (Providers for Outsourced Services).
Selain operator pusat data yang mendukung infrastruktur aplikasi, beberapa kegiatan lain untuk mengembangkan dan mengelola aplikasi dapat dikelola oleh sumber daya lain, biasanya melalui outsourcing pekerjaan.
  • Klien (Clients).
Klien adalah pengguna internet yang dapat mengakses sumber daya yang diterbitkan.


Security Cloud computing( Keamanan Komputasi Awan )

http://hohonugroho07.blogspot.com

  • Model Keamanan Cloud Computing
Komputasi awan telah didefinisikan sebagai penggunaan sekumpulan layanan terdistribusi,aplikasi, informasi dan prasarana terdiri dari komputer, jaringan, informasi dan sumber daya penyimpanan. Komponen-komponen ini dapat dengan cepat diatur, ditetapkan,diimplementasikan, dan dihentikan dengan menggunakan utilitas on-demandseperti model alokasi dan pemakaian.
Penyedia layanan awan memanfaatkan teknologi virtualisasi yang dikombinasikan dengan kemampuan layanan mandiri untuk menghitung sumber daya melalui Internet. Dalam lingkungan operator selular, mesin virtual dari beberapa organisasi harus co-terletak pada server fisik yang sama dalam rangka untuk memaksimalkan efisiensi virtualisasi.
Penyedia layanan Cloud harus belajar dari model penyedia layanan yang dikelola dan memastikan bahwa aplikasi dan data dari pelanggan mereka aman, jika mereka berharap untuk mempertahankan pelanggan dan daya saing. Saat ini, perusahaan mencari arah cakrawala/wawasan komputasi awan untuk memperluas infrastruktur lokal, tapi kebanyakan tidak mampu membayar resiko mengorbankan keamanan dari aplikasi dan data. Sebagai contoh, IDC baru-baru ini melakukan survei dari 244 eksekutif IT / CIO dan rekan line-of-business (LOB) mereka, untuk mengukur pendapat mereka dan memahami perusahaan mereka dalam menggunakan layanan teknologi awan. Keamanan menduduki peringkat pertama sebagai tantangan dan masalah besar komputasi awan.(Cloud Computing).
http://hohonugroho07.blogspot.com

           * Hasil survey tantangan keamanan IDC(International Data Corporation).

Dari sudut pandang teknologi, keamanan data pengguna dapat tercermin dalam aturan implementasi berikut :
  1. Privasi data pengguna penyimpanan. Penyimpanan data pengguna tidak dapat dilihat atau diubah oleh orang lain (termasuk operator).
  2. Pengguna kerahasiaan data pada saat runtime. Data Pengguna tidak dapat dilihat atau diubah oleh orang lain pada saat runtime (dimuat ke memori sistem).Privasi saat mentransfer data pengguna melalui jaringan. Ini mencakup keamanan mentransfer data di cloud computing center intranet dan internet. Hal ini tidak dapat dilihat atau diubah oleh orang lain.
  3. Otentikasi dan otorisasi yang diperlukan bagi pengguna untuk mengakses data mereka. pengguna dapat mengakses data mereka melalui cara yang benar dan dapat mengotorisasi pengguna lain untuk mengakses.

  • Model keamanan data pada Cloud Computing
http://hohonugroho07.blogspot.com

Model struktur yang digunakan adalah system pertahanan tiga tingkat. Di mana setiap tingkat melakukan tugas masing-masing untuk memastikan keamanan data dari lapisan awan(cloud).
  • Lapisan pertama: bertanggung jawab untuk otentikasi pengguna, pengguna sertifikat digital yang diterbitkan oleh yang sesuai/berwenang, mengatur hak akses pengguna.
  • Lapisan kedua: bertanggung jawab untuk enkripsi data pengguna, dan melindungi privasi dari pengguna melalui cara tertentu.
  • Lapisan ketiga: Data pengguna untuk pemulihan sistem yang cepat, perlindungan sistem lapisan terakhir dari data pengguna.
Sebagai pengembangan komputasi awan, masalah keamanan telah menjadi prioritas utama.

Demikian.. berbagi ulasan mengenai Elemen yang ada di komputasi awan. 
semoga bergunaa..


Ref : Herwin Anggeriana E-book.

                   Software Cloud computing.
0 Komentar untuk " Sumber Daya manusia dan Keamanan Komputasi Awan "

Back To Top