Smart Phone Terbaru di Amazon

Integrated Network

Pada postingan saya Sebelumnya yaitu jenis layanan Cloud Computing, mengenai 7 Tingkatan pada Layanan Cloud computing, udah saya bahas di antaranta ada,, Software AS a Service ,, Utility cloud computing,, Web Service,, E-commerce dan Management Service Process.   Dan yang akan coba saya bahaskali ini adalah Integrated Network. Sekaligus menutup pembahasan mengenai 7 Tingkatan dalam Komputasi Awan.
Oke langsung ke TKP...

Network atau jaringan merupakan link utama atau jaringan utama yang menghubungkan antara pengguna layanan cloud dengan penyedia pusat data dan provider layanan cloud.
Pada cloud computing secara network atau jaringan terbagi dalam tiga kategori :
  1. Public cloud : Suatu model dari layanan cloud yang mendeskripsikan layanan cloud tersebut menggunakan sumber daya komputerisasi yang ditujukan, didesign dan dapat digunakan secara massal, seperti CPU atau kapasitas penyimpanan dan aplikasi atau software yang tersedia di internet. Banyak provider cloud yang menawarkan layanan berbasis cloud computing seperti amazon EC2, force.com, google dan provider lainnya.
  2. Private cloud : Suatu model dari layanan cloud yang bertolak belakang dengan model public cloud, pada model ini lebih terfokus pada kalangan tertentu dan bersifat private atau tertutup. Biasanya layanan ini berskala enterprise. Private cloud juga merupakan model yang merepresentasikan suatu model layanan cloud yang bekerja di belakang jaringan atau network perusahaan atau kepentingan pribadi user. Ciri khas dari private cloud biasanya berupa keharusan untuk membeli atau membayar layanan cloud sebelum mencobanya. Ciri khas seperti ini menunjukkan seakan private cloud tidak memiliki keunggulan dibandingkan dengan model cloud yang lain.Jika dilihat dari kacamata perdagangan, model private cloud seakan menjebak konsumen atau sedikit memaksakan konsumen untuk membayar layanan cloud tersebut sebelum menggunakannya. Keunggulan dari model private cloud adalah model layanan cloud yang mendapatkan prioritas dalam pengembangan ( terdepan dalam inovasi ), dan lebih difokuskan kepada kalangan bisnis.
  3. Hybrid cloud : Model yang merepresentasikan campuran antara model public cloud dengan model private cloud. Model hybrid cloud ini merupakan model pengembangan dari layanan cloud dimana provider layanan cloud mengelola dan menggunakan internal sumber daya komputerisasinya dan menggunakan sumber daya komputerisasi dari provider cloud yang lainnya. Hybrid cloud memegang peranan utama dalam evolusi generasi baru paradima TI. Berikut, merupakan arsitektur network dari hybrid cloud.

Integrated Network
Gambar diatas menjelaskan beberapa komponen utama network membentuk suatu jaringan private cloud dan public cloud, melalui jaringan interconnect maka terjadi penggabungan dua jaringan cloud yang berbeda menjadi satu jaringan yang disebut sebagai hybrid cloud.
Komponen cloud in box adalah komponen yang diistilahkan sebagai sel nya cloud ( cloud cell ) berfungsi sebagai pre-integrated, pre-package dan secara aktif mengirimkan service platform sehingga mudah dan cepat digunakan untuk diimplementasikan dalam jaringan private dan public cloud.
Bentuk fisiknya, berupa chasis tunggal layaknya server tetapi memiliki banyak slot blades ( multiple blades ), dalam blade terdapat beberapa unit komponen komputerisasi, beberapa storage, beberapa processor. Multiple blade inilah yang berfungsi untuk interconnect semua kombinasi blade pada backplane dan menyatukan semua koneksi Ethernet berkecepatan tinggi ( high speed ) yang biasanya berkecepatan 10 gigabyte fiber optic over Ethernet.
Core utama dari software berbasis virtualisasi yaitu hypervisor, secara tipikal memiliki kemampuan untuk mengembangkan lingkungan sistemnya melintasi beberapa unit komputerisasi, beberapa unit jaringan atau networking, dan beberapa unit storage dalam cloudin-box. Dari prespektif network, membutuhkan virtual network switch yang sudah di-embeded ( sudah ditanamkan ) dalam hypervisor, seperti yang terlihat pada gambar sebelumnya, sedangkan pada gambar berikut ini adalah ethernet frame dari virtual network switch.
 Integrated Network

Komponen network service node memegang peranan utama dalam arsitektur network dari hybrid cloud, firewall pada lapisan ini menjamin keamanan data dalam pengiriman ( secure transport ), sedangkan load balance pada lapisan ini berfungsi menjaga keseimbangan beban kerja yang terjadi.
Manajemen dari network arsitektur pada hybrid cloud terletak pada cloud management system. Virtual switch memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan aturan keamanan ( security policies ) ke dalam virtual mesin.
Pada gambar tabel dibawah ini menjelaskan kemampuan maksimal dari performance virtual mesin dari prespektif network arsitektur.
 Integrated Network

Kemudian Pada gambar berikut  menjelaskan aliran traffic yang dapat dilakukan oleh virtual switch, dimana oleh vnetwork distributed switch atau virtual distribusi switch berperan sebagai pengendalian traffic dan melakukan pemisahan traffic berdasarkan alamat tujuan host.
 Integrated Network

Atas dasar kemampuan dari vnetwork distributed switch, maka pemakaian bandwidth menjadi efisien.


Integrated Network

Gambar diatas menunjukkan penerapan virtual mesin menggunakan bandwidth yang efisien dalam pemrosesan.

Dengan arsitektur dan kemampuan teknologi virtualisasi, provider cloud menawarkan layanan integrated network kepada pengguna dalam berbagai produk atau layanan, seperti :
Untuk pengguna ( user ) : Online storage atau CloudNAS, VPS ( virtual private server ).
Untuk bisnis : integrated network, MobileMe iDisk, parallel processing system, automation system, GPS.


Yap, Demikianlah yang dapat saya sajikan kepada pembaca sekalian tentang Integrated Network di dalam layanan Clod Computing. Semoga bermanfaat....
Reff : Herwin Anggeriana.

Baca juga artikel Lainya, Tentang Komputasi awan :         
Jenis Layanan Cloud Computing. 

0 Komentar untuk " Integrated Network "

Back To Top