Smart Phone Terbaru di Amazon

E-Commerce

Yap, selamat berjumpa kembali sobat sekalian... kali ini saya akan melanjutkan postingan sebelumnya tentang Jenis Layanan Cloud Computing.  Sebelumnya, dalam jenis layanan cloud computing ada 7 tingkatan.. di antaranya ada SofwareAS a Service(SaaS),, utility  computing,, dan  Web  Service. Dan sekarang  ini sobat sekalian,, akan saya coba ulas tentang E-Commerce.. !! menurut saya pribadi menarik sekali judul kali ini.. saking menariknya,, akan saya coba bahas secara khusu judul E-Commerce ini(tapi bukan pada postingan ini,and ga janjii yaa.. males ngetik..) :D..!! Soo,, maka dari itu mari kita simak sama-sama postingan kali ini. lanjut mass,..
Apa itu E Commerce

Di era dimana aplikasi berbasis web menjadi salah satu teknologi penunjang yang berhubungan dngan pelanggan, rekan bisnis dan karyawan dihubungkan kepada aplikasi perusahaan melalui jaringan internet,, E-commerce.. berkembang pesat menjadi suatu aplikasi berbasis web yang mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan.

E commerce yang merupakan istilah dari perdagangan berbasis elektronik mengharuskan perusahaan untuk melakukan integrasi antara sisi internal dan eksternal proses bisnis mereka kepada era teknologi dan informasi berbasis aplikasi web.

Ketika perusahaan melibatkan proses bisnis mereka melalui jaringan intranet, extranet kemudian melalui jaringan internet, e commerce berhasil menekan sisi biaya, menjangkau pemasaran lebih luas dan meningkatkan hubungan bisnis mereka kepada rekan bisnis.

Seiring dengan berkembangnya e commerce, perusahaan berhasil meraih keuntungan bisnis, salah satu contoh perusahaan yang berhasil meraih keuntungan terbesar melalui e commerce adalah Amazon.com.

Tetapi bagaimanapun juga keberhasilan yang diraih oleh e commerce melalui jaringan internet memiliki beberapa resiko finansial dalam bertransaksi. Serta melihat pada resiko keamanan secara finansial dalam bertransaksi e commerce, banyak industri atau perusahaan yang meng-integrasikan aplikasi berbasis web mereka dengan provider keamanan transaksi atau perusahaan yang berfokus pada keamanan transaksi.

Sampe disini, Untuk mempermudah dalam memahami sisi arsitektur dan skalabilitas aplikasi web untuk diintegrasikan dengan provider keamanan transaksi, maka diambil salah satu contoh provider security ( keamanan transaksi ) yaitu Paypal.
Lanjut....
Arsitektur dari paypal adalah web service atau aplikasi web berbasis SOAP (simple object access protocol ),yang memberikan skalabilitas untuk mengintegrasikan dan mengkombinasikan client side dan server side.  Perhatikan gambar berikut :

E Commerce

Gambar tersebut menjelaskan dalam model OOP ( object oriented programming ) ini, interface ke SOAP request/response merupakan objek dari bahasa pemograman native yang dapat diintegrasikan ke SOAP dari aplikasi web. Paypal menyediakan file – file WSDL dan XSD yang secara spesifik merupakan struktur message atau pesan dari paypal, isi data, dan layanan ( service ) API dari paypal.

Aplikasi bisnis termasuk data didalamnya berada dan berjalan dalam property objek ini. Untuk mengirim dan menerima data dapat dilakukan dengan metode pemanggilan objek tersebut. Objek SOAP client menangani permintaan membentuk SOAP baru dan mengirimkan kepada layanan paypal, kemudian layanan paypal memberikan umpan balik atau feedback ke objek SOAP client.
Skema dan prinsip dasar dari web service paypal adalah eBay business language ( eBL ). Dan inti komponen yang diperlukan dalam mengintegrasikan aplikasi web ke layanan paypal adalah API paypal yaitu file – file WSDL dan XSD.
Pada gambar berikut merupakan diagram dari SOAP request.
E Commerce

Gambar Tabel berikut ini dijelaskan lokasi dari file – file utama komponen paypal untuk keperluan pengembangan dan testing aplikasi berbasis API serta keperluan produksi dan yang sebenarnya digunakan.
E Commerce

Dan pada tabel berikut konsep mendasar dan terminology dari API paypal adalah :

E Commerce


Kesimpulannya..
  • Ecommerce : pondasi dari ecommerce adalah tekonologi web service yang memiliki skalabilitas untuk diintegrasikan dengan aplikasi lain yang berbeda lokasi dan berbeda provider. Karena e commerce merupakan web service yang terfokus pada bisnis, maka secara implisit e commerce memiliki resiko keamanan dalam bertransaksi.
  • E commerce berbasis web service memiliki kesamaan arsitektur dengan arsitektur yang dimiliki provider security ( paypal ) yaitu API atau application programming language sehingga memiliki kemampuan untuk diintegrasikan ke aplikasi milik provider paypal.
  • Ketika provider security ( keamanan transaksi ) seperti paypal terintegrasi melalui internet dengan banyak aplikasi e commerce dari berbagai perusahaan bisnis ( multi tenant ) maka dapat dikatakan e commerce tersebut berbasis cloud computing. Selain itu provider paypal tidak hanya menawarkan layanan security ( keamanan bertransaksi ) secara online melalui aplikasi web tetapi juga menyediakan plug ins untuk payment online berbasis aplikasi.



Demikian yang dapat saya share tentang E-Commerce. Semoga bermanfaat....
Reff : Herwin Anggeriana.

Baca juga artikel terkait :               Software AS a Service.
                                                 Utilitycloud computing.

                                                 Web Service
0 Komentar untuk " E-Commerce "

Back To Top