Selamat berjumpa lagi pembaca
yang budiman, terima kasih sudah mampir di blog ini.. dan terima kasih juga
sudah membaca-baca postingan saya. Harapan saya adalah semoga
postingan-postingan yang hadirkan, bisa menjadi sumber bacaan yang bermanfaat
bagi anda, menambah lagi informasi-informasi yang berguna bagi pengunjung
sekalian...
Yaa,, kali ini saya akan
menyambung pembahasan pada bab Computasi Awan.. kalo pembaca sekalian belum
membacanya postingan saya sebulumnya mengenai bab ini, silakan bisa di baca di
sini.
Yap, topic pembahasan yang akan
saya angkat kali ini adalah tentang Penerapan Komputasi Awan, dimana nanti akan
saya sajikan beberapa Studi Kasus atao vendor-vendor terkemua yang menerapkan
komputasi awan pada layanan mereka. Dan seperti biasa, saya mengambil sumber
dari seorang Penulis bernama Herwin Anggeriana, dimana secara pribadi menurut
saya penulis ini memiliki kompetensi di bidang Komputasi Awan ini.
Ok baik lah, langsung saja..
*Layanan
Cloud computing di PT. Telkom*
- Data Center Telkom
Teknologi cloud computing di
Indonesia telah berjalan, dimana PT. Telekomunikasi Indonesia atau PT. Telkom
telah bekerja sama dengan Microsoft dalam hal teknologi cloud computing.
Layanan ini dapat membuat perusahaan dengan cepat dan mudah meningkatkan
kapasitas penyimpanan, karena didapat secara virtual. Solusi yang dikembangkan
oleh PT.Telkom dan Microsoft hadir dalam bentuk Microsoft Windows Exchange dan
Office Communications Server Hosted dimana merupakan salah satu jalan untuk
membantu bisnis di Indonesia mengadopsi teknologi cloud computing dengan biaya
relatif murah. Pihak Microsoft dan PT. Telkom sepakat untuk mengembangkan
bisnis cloud computing mulai dari Infrastructure as a Service (IAAS), Platforms
as a Service (PAAS) dan Software as a Service (SAAS) yang dikirim melalui cloud
yang aman.
Layanan ini mampu memberikan
solusi komprehensif bagi bisnis dan insdustri serta memberikan percepatan dalam
negeri ini pada era teknologi cloud computing.
Beberapa paket yang ditawarkan
oleh PT. Telkom dengan teknologi Komputasi Awan diantaranya :
- Paket Communication dan Collaboration : Broadband + Exchange + OCS, sebuah bentuk SaaS yang memberikan fitur teknologi microsoft united communication tanpa harus di install. Hosted OCS menawarkan : instant messaging dan presence, email dan united messaging, peer-to-peer voice dan video, desktop sharing di microsoft office, communication 207 R2, web-based IM, email, presence dan desktop sharing.
- Paket Virtualized Server : Broadband + virtual Dedicated Server, sebuah bentuk IaaS. Teknologi VPS (Virtual Private Servers), memungkinkan sebuah perusahaan dapat berbagi biaya server dengan pelanggan yang lain dengan tetap memegang kendali penuh terhadap aplikasi mereka. VPS berjalan pada web server dan memberikan akses dengan privasi penuh dan bandwidth yang terjamin, CPU dan ruang disk.
Pada dasarnya telkom memberikan
sistem online data dimana solusi untuk sebuah perusahaan untuk mengelola data,
khususnya data konsumen atau calon konsumen, teknologi ini memberikan layanan
pengadaan yang bisa memberikan sistem data dan teknologi yang saling
terintergrasi, reliable dan update.
Pada layanan ini akan dikombinasikan keseluruhan
layanan yang diberikan. Produk ini dapat menjamin kegiatan bisnis yang menjamin
status data selalu terupdate sepanjang tahun. Dipadu dengan kemampuan SDM yang
berpengalaman dalam pengelolaan database, juga system dan data-data yang selalu
terjaga dalam kondisi optimal sehingga dapat digunakan untuk berbagai
kebutuhan. Hal tersebut diintegrasikan dengan kompetensi utama lainnya dari PT.
Infomedia Nusantara yaitu berupa Contact Center Solutions yang dapat memberikan
berbagai alternative pengadaan proses inbound/outbound call perusahaan dan juga
dengan layanan Produk Konten Infomedia, yang dapat memberikan solusi lain dalam
hal pengakuisisian kelengkapan data bagi kebutuhan perusahaan dan layanan outbound
service berupa sms dan direct mail.
Gambar diatas merupakan Arsitektur online data.
Layanan
ini disediakan dengan menggunakan system online yang mana menghubungkan system
data yang digunakan khusus bagi pelanggan dengan database yang terdapat di
Infomedia. Dengan data processing system yang online, maka akan memberi
kemudahan kepada customer untuk dapat menerima data-data sesuai dengan kondisi
data yang ada di Infomedia. Layanan ini
disediakan dengan menggunakan system online yang mana menghubungkan system data
yang digunakan khusus bagi pelanggan dengan database yang terdapat di Infomedia.
Dengan data processing system yang online, maka akan memberi kemudahan kepada
customer untuk dapat menerima data-data sesuai dengan kondisi data yang ada di Infomedia.
Berikut gambar Sistem online data :
Dan ,berikut contoh Penerapan Layanan Cloud , Oleh PT.Telkom, dengan
menghadirkan Sistem
Informasi Aplikasi Pendidikan nama nya SIAP ONLINE.
Sistem Informasi Aplikasi
Pendidikan. pengelolaan data dan informasi kependidikan mulai dari data siswa,
guru, dan sekolah. Layanan SIAP memberikan kemudahan bagi sekolah dalam
mengelola mulai dari proses penerimaan siswa baru (PSB), proses
belajar-mengajar, absensi siswa dan guru, pembayaran biaya sekolah, monitoring
nilai siswa oleh orang tua melalui SMS dan web, dan kenaikan kelas sampai
dengan kelulusan siswa.
Dan berikut,, Tujuh alasan utama menggunakan sistem secara online dimana sistem tersebut di implementasikan di sekolahan oleh pihak Telkom, diantaranya :
- Sistemnya serba Online dan Real-Time dapat diakses setiap saat dari mana saja.
SIAP
Online dibangun 100% berbasis teknologi web versi 2.0 untuk dapat diakses secara
online 24 jam setiap saat dan dan dari mana saja selama Anda memiliki koneksi ke
Internet. Setiap ada pengubahan data secara online, sistem SIAP Online akan memprosesnya
secara langsung dalam waktu nyata (real time) untuk menjamin kenyamanan dan
kesahihan setiap pengubahan (edit) data yang Anda lakukan.
- Biaya terjangkau dan minim investasi/modal.
Layanan
SIAP Online tidak memerlukan lisensi perangkat lunak (licenced software) khusus
sebagaimana produk lainnya. Anda juga tidak memerlukan investasi/modal perangkat
server khusus yang terpasang lokal di sekolah atau dinas untuk mengoperasikan
sistem SIAP Online. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah web browser di PC/
Laptop Anda yang terkoneksi ke Internet.
Semua
perangkat utama seperti: server-server, sistem aplikasi, backup data, keamanan data
hingga pemeliharaan sistemnya merupakan tanggung jawab TELKOM sebagai penyedia
layanan. Dengan demikian layanan SIAP Online akan menurunkan total biaya penggunaannya
untuk Anda, institusi Anda (sekolah dan dinas). Institusi Anda juga tidak perlu
melakukan investasi/modal awal yang sangat mahal. Dengan ini maka Institusi Anda
terhindar dari resiko kerugian investasi/ modal.
TELKOM sangat sarankan agar Anda tidak begitu saja mudah percaya dengan layanan SIAP Online kami. Untuk itu kami memberikan kesempatan bagi Anda untuk mempelajarinya secara menyeluruh, kami menyediakan akses versi demo dan versi ujicoba (trial) sebelum Anda benar-benar yakin untuk berlangganan SIAP Online versi komersial.
- Aplikasinya nyaman dan lengkap sesuai kebutuhan setiap pengguna.
SIAP
Online tidak hanya menyediakan aplikasi untuk pengelolaan data pendidikan saja seperti:
data siswa, data guru, data orangtua/wali siswa, kelas, jadwal, kurikulum mata pelajaran.
Beragam aplikasi kami sediakan untuk mendukung terciptanya suasana akademis di
lingkungan sekolah dan dinas seperti: sms, email, web sekolah, pustaka, dan
lain-lain.Untuk kenyamanan Anda mengakses beragam layanan tersebut, SIAP Online
menerapkan sistem satu login multi layanan, Anda hanya cukup mengingat satu nama
pengguna (username) dan kata kunci (password) untuk mengakses layananlayanan
yang kami sediakan.
Kami
selalu berupaya memberikan layanan terbaik untuk Anda. Para insinyur pengembang
kami akan selalu mengembangkan layanan SIAP Online untuk mengakomodir kebutuhan
setiap penggunanya dari waktu ke waktu. Untuk itu kami sangat berharap selalu
mendapatkan saran dan masukan dari Anda dalam upaya melengkapi dan
menyempurnakan fitur-fitur sistem menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Para
insinyur pengembang kami akan berupaya merilis aplikasi/fitur terbaru sesuai
masukan dari Anda setiap waktu di SIAP Online dengan nyaman tanpa perlu ada
instalasi ataupun kerumitan upgrade/update di sisi Anda sebagai pengguna aktif
SIAP Online. Kenyamanan Anda sangat berarti bagi kami.
- Skalabilitas tinggi, aman, handal, mudah dan cepat diimplementasikan.
Sistem
SIAP Online dirancang menggunakan teknologi berbasis Web versi 2.0 dengan didukung
lingkungan awan komputasi (cloud computing) yang handal dan platform yang berarsitektur
multi pelanggan (multi-tenant architecture). Anda tidak perlu mengalami kerumitan
pengalaman terhadap pengelolaan sistem sendiri, semua hal terkait dengan pengorganisasian,
pengembangan dan pemeliharaan sistem dibelakang (backend) layanan SIAP Online
merupakan tanggung jawab TELKOM sebagai penyedia layanan.Skalabilitas dan
keamanan data pada layanan SIAP Online akan selalu terjaga, kami tidak
membatasi jumlah data dan pengguna selama sekolah dan dinas menjadi pelanggan
SIAP Online. Data Anda akan selalu disimpan dan dicadangkan (backup) di lingkungan
awan komputasi kami yang tersebar dibeberapa lokasi.
Dengan
dukungan sistem dibelakang (backend) SIAP Online yang handal, kami juga menyediakan
kemudahan bagi insitusi Anda (sekolah dan dinas) untuk menjadi pelanggan SIAP
Online, hanya dengan 3 (tiga) langkah mudah, institusi Anda sudah dapat
berlangganan SIAP Online.
- Terintegrasi dengan beragam fasilitas dan layanan online lainnya.
Sebagai
bagian dari komitmen kami untuk dapat menyediakan layanan pendidikan yang penuh
fitur dan terintegrasi satu dengan yang lain. Kerangka kerja (framework) sistem
SIAP Online dirancang terbuka untuk interkoneksi dengan aplikasi, fasilitas dan
layanan online lainnya. Baik aplikasi yang dikembangkan oleh TELKOM secara
langsung atau sistem yang dikembangkan pihak mitra kerja TELKOM atau yang disediakan
oleh pihak ketiga di Internet.Contoh aplikasi yang terintegrasi dengan SIAP
Online antara lain adalah SMS gateway TELKOM Flexi, autentifikasi Speedy
SchoolNet, TELKOM iVAS, Flexi Cash, host to host sistem pembayaran perbankan,
dan berbagai sistem lainnya.
Beberapa contoh layanan online yang disediakan oleh pihak ketiga di Internet saat ini, misalnya GoogleApss (e-office), Jejaring Sosial Pertemanan (Social Networking), Web Log (Blog), OpenID, dan lainnya. Untuk saat ini kami menyediakan interkoneksi layanan GoogleApss dari Google Inc. bagi sekolah atau dinas yang telah berlangganan SIAP Online. Melalui layanan GoogleApss ini komunitas sekolah dan dinas mendapatkan beragam fasilitas seperti:
Beberapa contoh layanan online yang disediakan oleh pihak ketiga di Internet saat ini, misalnya GoogleApss (e-office), Jejaring Sosial Pertemanan (Social Networking), Web Log (Blog), OpenID, dan lainnya. Untuk saat ini kami menyediakan interkoneksi layanan GoogleApss dari Google Inc. bagi sekolah atau dinas yang telah berlangganan SIAP Online. Melalui layanan GoogleApss ini komunitas sekolah dan dinas mendapatkan beragam fasilitas seperti:
- Gmail : Fasilitas email dari google dengan kapasitas hingga 7GB per anggota komunitas.
- Share Doc : Berbagi berkas spreadsheet, document, presentation antar anggota komunitas.
- Calendar : Berbagi kalender kegiatan antar angota komunitas.
- Chat/Talk : Saling berkirim pesan secara waktu nyata antar individu/kelompok anggota komunitas.
- Personal Site : Pembuatan personal sistus web bagi setiap individu anggota komunitas.
Melalui
integrasi dengan berbagai fasilitas dan layanan inline ini, TELKOM berharap memberikan
kemudahan bagi pengguna SIAP Online.
- Satu login pengguna untuk akses seluruh layanan yang tersedia.
Seluruh
proses otentifikasi, otorisasi dan identifikasi para pengguna (user) pada
sistem SIAP Online dirancang sedemikian rupa untuk mendukung upaya satu login
multi layanan dengan kerangka kerja single sign on system. Mekanisme ini untuk
menambah kenyamanan bagi seluruh pengguna pelanggan SIAP Online dalam
mengoperasikan akses ke berbagai layanan online yang kami sediakan dengan hanya
mengingat satu login (username and password) saja.
Seluruh proses otentifikasi, otorisasi dan identifikasi para pengguna (user) pada sistem SIAP Online dirancang sedemikian rupa untuk mendukung upaya satu login multi layanan dengan kerangka kerja single sign on system. Mekanisme ini untuk menambah kenyamanan bagi seluruh pengguna pelanggan SIAP Online dalam mengoperasikan akses ke berbagai layanan online yang kami sediakan dengan hanya mengingat satu login (username and password) saja.
Seluruh proses otentifikasi, otorisasi dan identifikasi para pengguna (user) pada sistem SIAP Online dirancang sedemikian rupa untuk mendukung upaya satu login multi layanan dengan kerangka kerja single sign on system. Mekanisme ini untuk menambah kenyamanan bagi seluruh pengguna pelanggan SIAP Online dalam mengoperasikan akses ke berbagai layanan online yang kami sediakan dengan hanya mengingat satu login (username and password) saja.
Pengaturan
hak akses setiap individu pengguna dapat dilakukan secara mandiri oleh admin
sekolah atau dinas yang telah berlangganan SIAP Online. Bagi para admin sekolah
dan dinas dapat memonitor dan mengendalikan hak akses para siswa, guru, dan
orangtua siswa dengan mudah dan nyaman.
- Fleksibel dan uptodate mengikuti perkembangan aturan pendidikan di Indonesia.
Pengembangan
sistem akan selalu dijaga uptodate oleh kami tidak hanya terbatas pada aplikasi
perangkat lunak atau sistem dibelakang (backend). Anda tidak perlu kuatir memodifikasi
sistem atau aplikasi di SIAP Online jika diperlukan untuk menyesuaikan dengan
aturan-aturan pendidikan yang diberlakukan secara nasional.
Percayakan dan serahkan kepada insinyur pengembang kami yang akan membantu Anda dalam melakukan update sistem menyesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku di dunia pendidikan Indonesia dengan konsisten.SIAP Online telah kami rancang untuk turut mendukung kebijakan serta program-program dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Saat ini sangat kami rekomendasikan bagi para pelanggan SIAP Online untuk basis data siswa dan sekolah menggunakan layanan Dapodik (Data Pokok Pendidikan) yang disediakan oleh Depdiknas. Walaupun demikian, kami telah mengembangkan sistem yang mampu menghadapi berbagai kebutuhan lokal. Beberapa pilihan katalog aturan yang flexibel untuk berbagai pilihan sesuai regualasi lokal yang berlaku berbeda-beda untuk setiap Dinas Pendidikan.
Percayakan dan serahkan kepada insinyur pengembang kami yang akan membantu Anda dalam melakukan update sistem menyesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku di dunia pendidikan Indonesia dengan konsisten.SIAP Online telah kami rancang untuk turut mendukung kebijakan serta program-program dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Saat ini sangat kami rekomendasikan bagi para pelanggan SIAP Online untuk basis data siswa dan sekolah menggunakan layanan Dapodik (Data Pokok Pendidikan) yang disediakan oleh Depdiknas. Walaupun demikian, kami telah mengembangkan sistem yang mampu menghadapi berbagai kebutuhan lokal. Beberapa pilihan katalog aturan yang flexibel untuk berbagai pilihan sesuai regualasi lokal yang berlaku berbeda-beda untuk setiap Dinas Pendidikan.
Yah, demikianlah yang dapat saya share
pada postingan kali ini. Mengenai Penerapan
Cloud Computing/Komputasi Awan yang kali ini studi kasusnya adalah dari
salah satu Provaider dalam negri, yaitu PT.TELKOM. Sebenarnya , masih banyak lagi
contoh studi kasus tentang Penarapan Komputasi Awan.
Maka dari itu tunggu Postingan
Saya Selanjutnya...Semoga bermanfaat...
Reff : Herwin Anggeriana.
Tag :
Cloud Computing
1 Komentar untuk " Penerapan Komputasi Awan Studi Kasus PT.Telkom "
terima kasih..