Smart Phone Terbaru di Amazon

Web Service

Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postinganl sebelumnya yaitu  Jenis Layanan Cloud Computing.  Seperti pada postingan sebelumnya, dalam layanan cloud computing ada 7 tingkatan.. dalam layanan Cloud computing, yaitu..
  1. software  as  a  service, 
  2. utility  computing, 
  3. web  service, 
  4. platform  layanan,
  5. management service provider,
  6. e-commerce,
  7. integrated network.
Dan postingan kali ini  akan membahas tentang WEB SERVICE. Oke , apakah itu.. langsung saja...

Kemampuan unik dari web service adalah membantu para programmer untuk membuat suatu aplikasi berbasis web dengan fungsi lain di atas platform web itu sendiri. Dalam beberapa kasus, coding – coding yang dihasilkan oleh programer yang menyewa layanan ini membagikan ( share ) dan dikumpulkan dalam penyimpanan data yang dikelola oleh provider.

Pada kasus lainnya, aplikasi – aplikasi tersebut dalam bentuk application programming interface ( API ), plug-ins, atau full aplikasi yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi berbasis web. Semua aplikasi tersebut tidak hanya tersedia hanya untuk kalangan programer yang menyewa layanan ini, tetapi juga untuk para programer pada umumnya.

Pada layanan selain web service, provider hanya bertanggung jawab untuk menjaga dan mengelola infrastruktur penunjang. Sedangkan pada layanan web service ini, secara umum provider berusaha untuk menyediakan dan memberikan sekumpulan tools atau aplikasi penunjang yang lengkap yang dapat mempermudah para programer aplikasi web untuk membuat aplikasi. Kolaborasi dari aplikasi penunjang pada layanan ini diperoleh karena kerja sama antar partner bisnis dimana partner bisnis tersebut merupakan programmer atau institusi independent yang membangun aplikasi berbasis web.

Bagi para programer, layanan ini merupakan pendekatan dan cara termudah dalam mendesign, dan membuat aplikasi berbasis web dengan komitmen pembayaran yang lebih murah dan terjangkau pada hardware dan software. Biaya yang dikeluarkan atas layanan ini masih terjangkau dibandingkan dengan menggunakan biaya atas jasa pembuatan aplikasi dan biaya maintenance.
Layanan ini membantu programer untuk fokus kepada mendesign dan membuat aplikasi berbasis web. Ada dua faktor yang menentukan suatu aplikasi berbasis web dikategorikan sebagai buruk atau baik yaitu penampilan dan bobot kualitas isinya ( content ).

Penampilan membutuhkan keahlian dan kreatifitas dalam mendesign semua komponen, elemen serta style atau gaya design. Penampilan dari aplikasi berbasis web merupakan factor penentu banyak orang yang berinteraksi dalam aplikasi tersebut, sedangkan content atau kualitas isinya yang mengelola informasi harus mudah dimengerti dan mudah dibaca oleh user.

Peranan utama dari web service terletak pada application programming interfaces ( API) yang melekat pada web service. Menggunakan web service berbasis API identik dengan mengakses protocol berbasis SOAP ( Simple Object Access Protocol ). Model pemograman API seperti mengakses dan menggunakan aplikasi di luar dari lingkungan seharusnya aplikasi tersebut berada, dimana lokasi data dan layanan protocol aplikasi tersebut berbeda lokasi.

Karena aplikasi dengan lokasi data termasuk protocolnya terpisah dan berbeda lokasi, maka menjadi tanggung jawab programer untuk memastikan aplikasi berbasis API dapat digunakan.
Pendekatan model pemograman API sudah digunakan dan diterapkan oleh banyak provider besar, beberapa contoh provider yang menerapkan model ini adalah google, facebook, dan Microsoft.

Pada dasarnya web service merupakan aplikasi berbasis web yang mengkombinasikan antara data dan fungsi aplikasi dari berbagai lokasi. Aplikasi itu sendiri hanya merupakan sekumpulan kode – kode program yang diletakkan pada lokasi yang berbeda dari data dan protocol yang digunakan.
Tiga faktor yang menjadi peranan utama dalam kesuksesan layanan web service adalah :
Menyediakan sarana berbasis aplikasi yang memungkinkan para programer untuk membangun atau membuat suatu aplikasi.

Menyediakan sarana bagi user atau pengguna untuk dapat menggunakan aplikasi yang memberikan efek manfaat atau kegunaan sesuai kebutuhan pengguna dan memiliki koneksitas berskala luas.

Menyediakan sarana bagi pengguna atau programer untuk dapat melakukan maintenance secara mandiri dan mengintegrasikan dengan aplikasi lainnya.
Kurang lebih ringkasnya seperti ini :

  • Layanan web service secara  umum provider berusaha  untuk menyediakan dan memberikan  sekumpulan tools atau aplikasi penunjang  yang lengkap yang dapat mempermudah  para  programer aplikasi web untuk membuat aplikasi.
  • Web service menggunakan platform application programming interface ( API ) dengan mengakses  protokol berbasis SOAP(Simple Object Access Protocol).
  • Peranan SOAP di dalam teknologi web service adalah sebagai protocol yang melakukan pemaketan pesan – pesan (messages) yang digunakan secara bersama oleh  aplikasi–aplikasi penggunanya.
  • Spesifikasi pemaketannya sendiri tidak lebih dari sebuah amplop biasa berbasis XML untuk sebuah informasi yang akan dikirim, serta sekumpulan aturan bagi translasi aplikasi dan tipe – tipe data dari platform yang spesifik.
Web Service
                              Gambar : arsitektur web service

Pesan dari SOAP adalah sebuah dokumen XML yang terdiri atas beberapa element :

  • Elemen envelope : elemen yang mengidentifikasi dokumen XML sebagai sebuah  pesan SOAP.
  • Elemen header : elemen ini bersifat opsional, berisi informasi header.
  • Elemen body : berisikan panggilan dan merespon informasi.
  • Fault elemen : elemen yang bersifat opsional, berisikan pesan kesalahan yang terjadi pada waktu proses.
Web Service

Beberapa provider seperti google, Microsoft dan facebook memperluas jangkauan layanan ini dalam berbagai device atau alat mobile untuk memperluas jangkauan penyebaran informasi.
Web Service

Pada di atas, secara umum web service terbentuk dari semua komponen yang bersifat abstrak, bervariasi dan dinamis. Semua komponen tersebut saling terkait secara berkesinambungan dan menghasilkan suatu aplikasi yang user friendly atau mudah digunakan bagi pengguna. Komponen – komponen tersimpan secara terpusat dalam lokasi yang dikenal sebagai portal.


Oke demikian sedikit tentang Seb Service. Semoga bermanfaat....
Reff : Herwin Anggeriana.



0 Komentar untuk " Web Service "

Back To Top