Smart Phone Terbaru di Amazon

Penerapan Komputasi Awan : Facebook as Social Networking

Pembahasan yang akan saya angkat kali ini merupakan tentang Penerapan Komputasi Awan, dimana nanti akan saya sajikan beberapa Studi Kasus atao vendor-vendor terkemua yang menerapkan komputasi awan pada layanan mereka. Pada postingan sebelumnya , sudah saya jabarkan penerapan komputasi awan pada salah satu vendor di Indonesia  yaitu PT.Telkom, dan pada kesempatan kali ini akan coba sajikan studi kasus yang lain. Seperti judul di atas.. studi kasus kali ini adalah Facebook as a Social Networking. Oke langsung saja..

Siapa yang tidak kenal facebook dewasa ini,, Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang berguna untuk menambah pertemanan. Facebook juga dapat diaplikasi dengan cara mengirim video, foto, bermain games,berdiskusi, dan masih banyak lagi. Luasnya jaringan yang dibuat facebook membuat para pengguna berpikir untuk memanfaatkannya tidak hanya untuk mengunggah foto, memperbarui status dan lainnya. Tetapi orang yang ingin mencari untung dari facebook berusaha membuat website bisnis secara online hingga  pendidikan. Teknologi yang semakin canggih memudahkan semua orang untuk memperoleh informasi yang mereka inginkan. Oleh karena itu kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia, dapat langsung diketahui berkat kemajuan teknologi.

Ok kita kembali ke tema kalai ini ,, Penerapan Komputasi Awan : Facebook as a Social Networking.
Cloud computing dan social networking merupakan dua aspek paling kuat di web 2.0. Dengan demikian potensi dari media social serta integrasi cloud computingnya menjadi sangat menarik untuk dipelajari.

Social Networking telah menjadi lebih dari sekedar pertemuan antar teman secara online. Facebook dan Twitter telah menjadi tujuan dari ideasi, e-commerce dan pemasaran, sehingga tidak heran bahwa perusahaan-perusahaan ingin menangkap semua informasi yang relevan dengan bisnis mereka secara mudah dan sederhana, dan memanfaatkannya untuk meningkatkan layanan pelanggannya.

Dari penyediaan jasa cloud computing, social networking application menerapkan teknologi cloud yang berbasis pada penyediaan jasa layanan software as a service (SaaS), yaitu menfokuskan pada aplikasi dengan Web-based interface application yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. Salah satu dari social networking, adalah Facebook.

Dengan nama awal thefacebook.com, dan peluncuran ulang dengan nama sebagai Facebook pada 2005, jaringan social tersebut secara cepat menyebar ke seluruh Ivy League. Segera setelah itu, Facebook mengalami ekspansi secara dramatis di seluruh universitas dan perguruan tinggi di Amerika.

Facebook membuka pintunya bagi para pengguna non-akademisi pada tahun 2007. Dan segera, Facebook telah berkembang menjadi jaringan social terbesar di dunia.
Berikut gambar Layanan cloud di Facebook :
Penerapan Komputasi Awan : Facebook as Social Networking


Secara umum, penerapan cloud computing oleh pengguna Facebook dapat dikategorikan sebagai berikut :
  • Cloud untuk Berkomunikasi

Facebook memungkinkan penggunanya untuk tetap berhubungan dengan rekan kerjanya sepanjang hari. Facebook memungkinan anda untuk berkomunikasi, baik secara terbuka maupun secara privasi (private message), dengan divisi lain, serta memungkinkan anda untuk memantau komunikasi antar divisi dalam kantor anda.
  • Cloud untuk Organisasi

Anda dapat mengorganisir rekan kerja anda kedalam beberapa grup, sehingga akan mempermudah anda untuk melacaknya.
  • Cloud untuk E-mail

Setiap anda menerima pesan di Facebook, maka sebuah email dikirim ke anda. Hal tersebut menyebabkan anda memiliki jaringan bisnis komunikasi yang tidak dapat dikalahkan.
  • Cloud untuk Menyimpan Foto dan Sejenisnya

Anda dapat posting foto, video, link dan lainnya ke dalam Facebook untuk dikomentari oleh kelompok kerja anda pada waktu yang bersamaan. Dengan demikian, anda akan mendapatkan jawaban yang anda inginkan dan dapat melanjutkan pekerjaan anda.

Pada tahun 2007, Facebook meluncurkan platform sendiri untuk pengembangan aplikasi baru yang memungkinkan para pengguna Facebook untuk berinteraksi dengan cara yang baru dan menarik. Dengan merilis platform tersebut, Facebook telah membangun peralatan yang memungkinan para pengembang untuk membuat aplikasi internal sehingga para pengguna Facebook dapat saling berinteraksi dalam cara yang baru dan menarik. Para pengembang tidak saja hanya mengembangkan aplikasi web, tetapi Facebook juga membuka platformnya untuk aplikasi desktop terkoneksi internet dengan Java client library-nya.
Dengan membuka platform tersebut, baik aplikasi berbasis web maupun aplikasi desktop, Facebook telah memposisikan dirinya untuk menjadi pemain utama dalam perkembangan social-teknis di masa depan.

*Elemen-elemen dalam platform Facebook*
  • Facebook Markup Language (FBML)

Merupakan bahasa markup yang berbasis pada HTML. Jika anda pernah menggunakan ColdFusion atau JSTL (atau bahasa pemograman berbasis tag), maka anda akan menemukan kemiripan dengan platform FBML. Tetapi bila anda baru dalam pemograman berbasis tag, maka FBML dapat dibilang sebagai HTML mewah, mengingat disetiap interaksinya dimulai dan diakhiri dengan tag.
Namun untuk membedakan antara HTML dengan perintah dalam Facebook adalah fb: sebagai awalan dari tag, seperti beberapa DTDs/schemas dalam XHTML. Dengan mengunakan tag FBML, Facebook mengabstrak banyak dari kode-kode yang kompleks, sehingga mempermudah prosedur rutinnya. Sebagai contoh, untuk menambah link ke dalam halaman bantuan aplikasi anda dalam dashboard, anda hanya perlu menambahkan:
<fb:dashboard>
<fb:help href="help.php">Application Help</fb:help>
</fb:dashboard>

  • Representational State Transfer Application Programing Interface (REST API) Calls

Panggilan ini hanya merupakan pembungkus dari interaksi FQL yang canggih dengan Facebook back end. Walaupun demikian panggilan ini sangat berguna untuk mempercepat pengembangan dari sebuah aplikasi. REST API calls dikelompokan menjadi Sembilan kategori aksi sebagai berikut :
  1. facebook.auth provides basic authentication checks for Facebook users.
  2. facebook.feed provides methods to post to Facebook news feeds.
  3. facebook.friends provides methods to query Facebook for various checks on a user‘s friends.
  4. facebook.notifications provides methods to send messages to users.
  5. facebook.profile allows you to set FBML in a user‘s profile.
  6. facebook.users provides information about your users.
  7. facebook.events provides ways to access Facebook events.
  8. facebook.groups provides methods to access information for Facebook groups.
  9. facebook.photos provides methods to interact with Facebook photos.

  • Facebook Query Language (FQL), bahasa query bergaya SQL untuk berinteraksi dengan Facebook

FQL merupakan bahasa query bergaya SQL yang dirancang secara khusus untuk memungkinkan para pengembang untuk berinteraksi dengan informasi dari Facebook. Berikut adalah table informasi query yang dapat diakses :
  1. User
  2. friend
  3. group
  4. group_member
  5. event
  6. event_member
  7. photo
  8. album
  9. phototag

Dan seperti kebanyakan implementasi dari SQL, terdapat beberapa yang fungsi tambahan yang memungkinkan para pengembang untuk mengambil jalan pintas dalam meminta informasi pengguna, seperti :
now() return the current time.
strlen(string) return the length of the string passed to the function.
concat(string1, string2,…) concatenates N strings together..
substr(string, start, length) returns a substring from a given string.
strops(haystack, needle) return the position of the character needle in the string haystack.
lower(string) cast the given string to lowercase.
upper(string) cast the given string to uppercase.

Penulisan FQL mengikuti syntax dasar dari SQL. Sebagai contoh, bila pengembang ingin mengekstrak nama dan penguna salah satu pengguna Facebook, maka penulisan query sederhananya adalah sebagai berikut :
SELECT name, pic
FROM user
WHERE uid = 123456

Dengan demikian, ketika query tersebut dijalankan oleh platform Facebook, maka akan menampilkan struktur dalam format yang digunakan dalam pemanggilan, dan menampilkan URL ke gambar dari profil untuk pengguna 123456, sehingga memberikan kemudahan dalam pengontrolan granular untuk informasi yang diperoleh dari API.
  • Facebook JavaScript

Untuk meminimalkan ancaman dari serangan skrip antar situs (XSS), Facebook mengimplementasikan JavaScript versinya untuk para pengembang yang benar-benar menginginkan, atau menggunakan JavaScript di dalam aplikasinya. Facebook secara resmi merilis FBJS 1.0 pada bulan Septembber 2007. Berikut adalah contoh singkat bagaimana anda dapat menciptakan modul kotak dialog untuk pengguna :
<a href="#" onclick="new Dialog().showMessage('Dialog', 'This is the help message for this link');return false">Show Dialog Box</a>

Ketika diproses melalui platform Facebook, maka pengguna akan melihat modul dialog seperti gambar dibawah ini setelah mengklik Show Dialog Box.
Penerapan Komputasi Awan : Facebook as Social Networking

                                 Modal dialog box.
  • Client Programming Libraries

Walaupun platform Facebook menyediakan banyak alat bantu untuk mengakses informasi, tetapi beberapa pengembang menginginkan untuk menggunakan logika bisnisnya masingmasing dengan menggunakan bahasa lain. Facebook menfasilitasi hal tersebut melalui client libraries ―resmi‖, untuk PHP dan Java sehingga memberikan metode pengaksesan secara nyaman.
Walaupun demikian, tidak seluruh pengembang menggunakan bahasa PHP dan Java, sehingga untuk membantu para pemogram yang ingin mengembangkan aplikasinya, client libraries Facebook tersedia untuk beberapa bahasa sebagai berikut :
  1. ActionScript
  2. ASP.NET
  3. ASP (VBScript)
  4. ColdFusion
  5. C++
  6. C#
  7. D
  8. Emacs Lisp
  9. Lisp
  10. Perl
  11. PHP (4 dan 5)
  12. Python
  13. Ruby
  14. VB.NET
  15. Windows Mobile


Penerapan Komputasi Awan : Facebook as Social Networking

             Gambar : Basic Arsitektur Facebook.



Yah, demikianlah yang dapat saya share pada postingan kali ini. Studi kasus Facebook as a Social Networking.


Reff : Herwin Anggeriana.
0 Komentar untuk " Penerapan Komputasi Awan : Facebook as Social Networking "

Back To Top