Smart Phone Terbaru di Amazon

Mekanisme E-Commerce dalam dunia bisnis

Postingan yang lalu sudah saya share tentang  Proses Bisnis dalam Kerangka E-Commerce, dan pada postingan kali ini akan saya lanjutkan dengan pembahasan Mekanisme E-Commerce dalam dunia bisnis. Untuk menambah gambaran aja tentang E-Commerce.

Menurut David Kosiur, 1997.. E-Commerce-> tidak jauh berbeda dengan perdagangan atau bisnis selama ini dijalankan. Yang membedakannya adalah dilibatkannya teknologi komputer dan telekomunikasi secara intensif sebagai sarana untuk melakukan dua hal utama, yaitu:

  1. Mengolah data mentah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan bersama oleh para pelaku bisnis dan konsumen, dan
  2. Mendistribusikan data atau informasi tersebut secara cepat dan efisien keseluruh komponen bisnis yang membutuhkan.

Mekanisme E-Commerce dalam dunia bisnis

Disini, ada 3 Domain Besar pembentuk Komunitas E-Commerce, yaitu Proses,Institusi dan Teknologi.  Lihat gambar berikut:
Mekanisme E-Commerce dalam dunia bisnis

Penjelasanya sebagai berikut :
  • Proses
Michael Porter, menjelaskan Proses yang berkaitan dengan produk atau jasa fisik:
Proses utama terdiri dari: inbound logistics, production, outbound logistics and distribution, sales and marketing, dan services. dan
Proses penunjang terdiri dari: procurement, firm infrastructure, dan technology.
Sementara proses yang melibatkan produk atau jasa digital, akan mengikuti rantai nilai virtual (virtual value chain) seperti yang diperkenalkan oleh Indrajit Singha, yang meliputi rangkaian aktivitas : gathering, organizing, selecting, synthesizing, dan distributing.
  • Institusi
Salah satu prinsip yang dipegang dalam E-Commerce adalah diterapkannya asas jejaring (inter-networking), dimana dikatakan bahwa untuk sukses, sebuah perusahaan E-Commerce harus bekerja sama dengan berbagai institusi-institusi yang ada (perusahaan tidak dapat berdiri sendiri). 
Sebuah perusahaan dotcom misalnya, dalam menjalankan prinsip-prinsip perdagangan elektronik harus bekerja sama dengan pemasok (supplier), pemilik barang (merchant), penyedia jasa pembayaran (bank), bahkan konsumen (customers). Kerjasama yang dimaksud di sini akan mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi yang diinginkan dengan cara melakukannya secara otomatis (melibatkan teknologi komputer dan telekomunikasi).
  • Teknologi Informasi
Ada tiga jenis “tulang punggung” teknologi informasi yang biasa dipergunakan dalam konteks perdagangan elektronik: intranet, ekstranet, dan internet.

Semoga Membantu
0 Komentar untuk " Mekanisme E-Commerce dalam dunia bisnis "

Back To Top