Postingan yang lalu sudah saya
share tentang Proses Bisnis dalam
Kerangka E-Commerce, dan pada postingan kali ini akan saya lanjutkan dengan
pembahasan Mekanisme E-Commerce dalam dunia bisnis. Untuk menambah gambaran aja
tentang E-Commerce.
Menurut David Kosiur, 1997..
E-Commerce-> tidak jauh berbeda dengan perdagangan atau bisnis selama ini
dijalankan. Yang membedakannya adalah dilibatkannya teknologi komputer dan
telekomunikasi secara intensif sebagai sarana untuk melakukan dua hal utama,
yaitu:
- Mengolah data mentah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan bersama oleh para pelaku bisnis dan konsumen, dan
- Mendistribusikan data atau informasi tersebut secara cepat dan efisien keseluruh komponen bisnis yang membutuhkan.
Disini,
ada 3 Domain Besar pembentuk Komunitas E-Commerce, yaitu Proses,Institusi dan Teknologi. Lihat gambar berikut:
Penjelasanya sebagai berikut :
- Proses
Proses utama terdiri dari:
inbound logistics, production, outbound logistics and distribution, sales and
marketing, dan services. dan
Proses penunjang terdiri dari:
procurement, firm infrastructure, dan technology.
Sementara proses yang melibatkan
produk atau jasa digital, akan mengikuti rantai nilai virtual (virtual value
chain) seperti yang diperkenalkan oleh Indrajit Singha, yang meliputi rangkaian
aktivitas : gathering, organizing, selecting, synthesizing, dan distributing.
- Institusi
Sebuah perusahaan dotcom
misalnya, dalam menjalankan prinsip-prinsip perdagangan elektronik harus
bekerja sama dengan pemasok (supplier), pemilik barang (merchant), penyedia
jasa pembayaran (bank), bahkan konsumen (customers). Kerjasama yang dimaksud di
sini akan mencapai tingkat efektivitas dan efisiensi yang diinginkan dengan
cara melakukannya secara otomatis (melibatkan teknologi komputer dan
telekomunikasi).
- Teknologi Informasi
Semoga Membantu
Tag :
E-Commerce
0 Komentar untuk " Mekanisme E-Commerce dalam dunia bisnis "