Smart Phone Terbaru di Amazon

Utility Cloud computing

Cloud computing tidak hanya melibatkan sisi aplikasi atau perangkat lunak saja, tetapi juga melibatkan perangkat keras atau hardware dan sumber daya penunjang. Seperti yang telah kita ketahui layanan SaaS lebih berfokus pada aplikasi atau perangkat lunak, sedangkan pada infrastruktur sebagai layanan utility computing.
Layanan utility computing dikemas oleh provider dalam bentuk teknologi virtualisasi dan dikenal sebagai layanan IaaS (Infrastructure as a Service).
Pengguna IaaS dapat mengakses dan menggunakan seluruh sumber daya komputer dan seluruh sumber daya lainnya yang tersedia di dalam cloud sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna dengan menggunakan teknologi virtualisasi.
Teknologi virtualisasi memungkinkan untuk diimplementasikan berbagai aplikasi dengan tujuan yang beragam dalam 1 platform atau aplikasi, seperti storage computing, image manipulation, parallel processing, content distribution, aplikasi web dan sebagainya
Utility Cloud Computing
Gambar di atas menjelaskan arsitektur komputer secara traditional atau standalone.

Utility Cloud Computing

Pada gambar diatas masing-masing aplikasi dan masing-masing sistem operasi ( windows dan linux ) menggunakan sumber daya komputer yang sama. Sistem operasi pada gambar tersebut bukanlah sesuatu yang special sebagai peranan utama dalam infrastruktur virtualisasi. Sistem operasi hanya sebagai perantara untuk dapat menjalankan virtual mesin.

Dalam menawarkan layanan IaaS kepada pengguna atau penyewa, provider membagi IaaS dalam beberapa kategori layanan yaitu :
Layanan penyimpanan dan komputasi virtual : yaitu VMware rental, penyimpanan online ( Online Storage ).

  • Layanan kustomise : yaitu server template.
  • Layanan automasi dan control : yaitu automation.
  • Layanan penghubung : yaitu remote control, web 2.0.
  • Layanan monitoring : yaitu monitor secara fisik objek yang diinginkan ( posisi koordinat bumi, peta, kamera ).
  • Layanan optimasi objek : yaitu virtualisasi network, virtualisasi penyimpanan, virtualisasi server.
  • Layanan pengukuran objek : yaitu pengukuran fisik suatu objek.
  • Layanan integrated dan kombinasi objek : yaitu load balance.
  • Layanan security : yaitu enkripsi data penyimpanan, VM isolation, VLAN dan SSL/SSH.

Keuntungan penerapan teknologi virtualisasi pada IaaS
Utility Cloud Computing

Jantung dari teknologi cloud computing adalah virtualisasi, dimana virtualisasi dapat diterapkan pada 2 sisi yaitu pada sisi provider dan sisi pengguna ( desktop pengguna ) seperti pada gambar berikut :
Utility Cloud Computing

Dalam gambar diatas, user terkoneksi dan menggunakan layanan IaaS ke server provider melalui virtual desktop interface ( VDI ) di internet. Sedangkan pada sisi provider, provider melakukan konfigurasi server melalui jalur yang sama ( VDI ) di internet. Untuk dapat menerapkan teknologi virtualisasi di cloud maka server yang sudah diimplementasikan teknologi virtualisasi diletakkan di dalam cloud ( private cloud atau public cloud ) sebagai back end infrastruktur.

Beberapa software virtulisasi seperti VMware, citrix dan sebagainya mempunyai kemampuan untuk menciptakan fungsi lain yang disebut sebagai virtual desktop interface ( VDI ).
Virtual desktop interface ( VDI ) menciptakan session untuk client atau user di dalam server, dan mengirimkan virtual PC tersebut kepada client atau user sehingga user dapat berinteraksi dengan server seakan client atau user tersebut berada di dalam server itu sendiri. Virtual desktop interface ( VDI ) menciptakan session untuk client atau user di dalam server, dan mengirimkan virtual PC tersebut kepada client atau user sehingga user dapat berinteraksi dengan server seakan client atau user tersebut berada di dalam server itu sendiri.

Dari prespektif ini, sumber daya teknologi virtualisasi atau virtual resources di dalam cloud diasumsikan sebagai sumber daya komputer yang bersifat independent atau mandiri termasuk lokasi dari sumber daya itu sendiri.

Infrastruktur juga memegang peranan utama untuk memastikan semua komponen bekerja dengan baik dalam kondisi multi tenant dan bertanggung jawab terhadap segala aktifitas yang terjadi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teknologi virtualisasi merupakan jantung utama dari cloud computing, dimana teknologi virtualisasi hanyalah berupa aplikasi atau software. Teknologi virtualisasi tidak dapat berjalan sempurna tanpa didukung dengan infrastruktur yang baik dan solid.

Teknologi virtualisasi memungkinkan untuk diterapkan redundancy, replication atau cluster, dan workload balancing.
Utility Komputasi Awan




Demikian mengenai Utility computing. Semoga Bermanfaat.
Ref : Herwin Anggeriana.


Baca artikel Sebelumnya : Softwareas a service (SaaS)

0 Komentar untuk " Utility Cloud computing "

Back To Top