Smart Phone Terbaru di Amazon

Penerapan Komputasi Awan Studi kasus PT. Kian Ho Indonesia.

Pada postingan sebelumnya , sudah saya jabarkan penerapan komputasi awan pada salah satu vendor di Indonesia  yaitu di PT.Telkom, dan MedSOs FaceBook, pada kesempatan kali ini akan coba sajikan studi kasus yang lain. Yaitu PT.  Kian  Ho  Indonesia. Ok langsung saja...

PT.  Kian  Ho  Indonesia  merupakan  perusahaan  distributor  bearing  resmi  di  Indonesia  dan bagian  subsidiary  dari  Kian  Ho  Bearing  Pte  Ltd  yang  berkantor  pusat  di  Singapore.  Kian  Ho Bearing Pte Ltd adalah salah satu perusahaan distributor resmi bearing yang go public memiliki beberapa subsidiary di 7 negara dan banyak cabang yang tersebar di beberapa negara lain.

Sebagai subsidiary dari Kian Ho Bearing Pte Ltd, PT Kian Ho Indonesia menerapkan beberapa sistem informasi dan sistem network yang saling terintegrasi untuk menunjang operasional sehari-hari. Beberapa sistem yang diimplementasikan :

  1. SCM Navision
  2. LPO dan Stockcard web
  3. MRTG ( Multi Router Traffic Grapher )
  4. Helpdesk dan IT manajemen system
  5. VMware

Berikut penjelasanya :
  • SCM Navision merupakan sistem supply chain management yang diimplementasikan untuk menunjang operasional distribusi bearing dari Singapore ke Indonesia, yang nantinya bearing tersebut akan didistribusikan di seluruh area Indonesia ke beberapa supplier baik OEM Indonesia maupun retail bearing di seluruh Indonesia. SCM Navision adalah bagian internal sistem TI dari Kian Ho Bearing Pte Ltd Singapore.
  • LPO dan Stockcard web merupakan sistem berbasis web yang diimplementasikan untuk menunjang operasional pembelian bearing di Indonesia ( antar local distributor bearing di Indonesia ) dan sistem stockcard yang berfungsi mengintegrasikan seluruh asset inventory dari perusahaan PT Kian Ho Indonesia.
  • MRTG merupakan sistem monitoring network penunjang operasional. Seperti MRTG pada umumnya sistem ini untuk memonitor segala aktifitas traffic yang terjadi baik internal network maupun koneksi internet.
  • Helpdesk sistem merupakan sistem helpdesk untuk memonitor aktifitas keluhan karyawan terhadap performance TI. Sedangkan IT manajemen system merupakan sistem integrasi seluruh perangkat TI berbasis network, aktifitas seluruh asset TI ( workstation komputer, server, printer, router, switch dan PABX ) di kelola dan di monitor melalui satu software atau aplikasi

* Integrasi antar sistem *
Manajemen PT Kian Ho Indonesia menyadari beragamnya aplikasi yang ada dan memperhatikan sisi efisiensi operasional TI. Maka diperlukan satu software yang dapat mengakomodasi dan menjalankan seluruh aplikasi penunjang serta menghasilkan infrastruktur TI terkendali.

Software tersebut adalah VMware yang merupakan produk software virtualisasi dari vmware inc. Software vmware ini diimplementasikan pada satu server blade, dan menjalankan beberapa aplikasi penunjang operasional dalam sistem operasi yang berbeda – beda sesuai kebutuhan aplikasi tersebut.

Sistem operasi yang digunakan adalah linux ( Ubuntu Server ) dan Windows Server. Aplikasi penunjang seperti LPO berbasis web, stockcard berbasis web, sistem helpdesk berbasis web diimplementasikan dalam windows XP, untuk aplikasi SCM Navision lebih bersifat client side dan digunakan melalui mekanisme RDC ( Remote desktop connection ).

Aplikasi penunjang yang lain seperti IT management system dan database dari masing – masing aplikasi tersebut diimplementasikan ke dalam sistem operasi linux. VMware diimplementasikan dalam sistem operasi Windows Server Enterprise 2003. Seperti yang terlihat pada gambar berikut :
Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia

  • Topologi jaringan yang terbentuk secara global, seperti yang terlihat pada gambar berikur :Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia

  • Server blade yang menjadi server utama berpusat di Jakarta dan menjadi data center bagi operasional KHI ( Kian Ho Indonesia ). Sedangkan aplikasi penunjang berada dalam mesin virtual, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini : 
Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia
                                Gambar : Mesin Virtual

Windows Server 2008 diimplementasikan ke server blade, dan terbagi dalam tiga mesin virtual yaitu dua buah mesin virtual dengan sistem operasi windows XP, dan satu buah mesin virtual berbasis linux.

KHI ( PT Kian Ho Indonesia ) sebagai subsidiary KHB ( Kian Ho Bearing Pte Ltd ) Singapore memiliki autorisasi untuk menerapkan TI policy ( aturan ) secara mandiri untuk diterapkan dalam infrastruktur TI di Indonesia.

Infrastruktur TI di KHB Singapore menerapkan SCM Navision untuk menunjang operasionalnya, sesuai policy ( aturan ) TI KHB Singapore, semua subsidiary dari KHB diwajibkan untuk menggunakan SCM Navision melalui protocol RDC ( remote desktop connection ) dan koneksi yang terjadi harus melalui VPN internet dengan enkripsi IPSec.

Semua pemesanan dan pengiriman barang baik dari Singapore ke Indonesia maupun dari Indonesia ke Singapore melalui software atau aplikasi SCM Navision. Manajemen KHI menyadari pentingnya SCM Navision dalam menunjang operasional serta menyadari kepentingan internal KHI yang bersifat confidential ( rahasia untuk KHB ), maka TI manajemen KHI menyerahkan tanggung jawab koneksi internet ( VPN dan implementasi keamanan transaksi ) kepada provider ISP yaitu Biznet.

Untuk kepentingan internal KHI maka dibuat dua mesin virtual dengan sistem operasi yang sejenis yaitu windows XP ( gambar Mesin Virtual) diatas. Mesin virtual pertama menangani dan bertanggung jawab terhadap semua aktifitas user ketika mengakses web service, Pada mesin virtual pertama hanya aplikasi yang diimplementasi, tetapi database terkoneksi pada mesin virtual berbasis linux. Aliran alur jaringan dapat dilihat pada (gambar Mesin Virtual ) diatas, dengan anak panah berwarna hitam ( ).

Aplikasi yang diimplementasikan pada mesin virtual pertama adalah LPO berbasis web, dan stockcard berbasis web. Dalam perencanaan TI di kemudian hari skalabilitas dari aplikasi LPO dan stockcard akan ditingkatkan dimana saat ini skalabilitasnya terkoneksi ke BB dan ke email.

Aplikasi pada mesin virtual pertama, menggunakan php berbasis framework dengan web servernya adalah Abyss Web Server. Ketika user dari KHI batam dan KHI cakung terkoneksi ke aplikasi LPO dan stockcard melalui internet, maka server blade yang memiliki IP public dengan kemampuan virtual manajemen sistem vmware,akan menjalankan dan meneruskan request ini ke mesin virtual pertama dimana aplikasi LPO dan stockcard diimplementasikan.Aliran alur jaringan dapat dilihat pada(gambar Mesin Virtual)diatas dengan anak panah berwarna coklat ( ).

Mesin virtual kedua menjadi pusat data dari semua aplikasi internal KHI, database yang digunakan adalah mysql. Aplikasi IT manajemen sistem berfungsi sebagai aplikasi realtime yang memonitor semua device atau peralatan TI yang dijadikan sebagai asset IT.

Secara berkala aplikasi IT manajemen sistem akan mengecek kondisi dan status peralatan TI KHI yang berbasis network,hal ini dilakukan dengan tujuan pengendalian atau kontroling terhadap peralatan tersebut, sehingga setiap problem dari peralatan TI KHI dapat terdeteksi dan mendapatkan alert sistem kepada team helpdesk TI KHI.Seperti yang terlihat pada gambar dengan anak panah berwarna biru ( ).

Mesin virtual ketiga merupakan windows XP yang difungsikan sebagai workstation atau komputer client dengan tujuan untuk menyatukan koneksi VPN, dan melakukan remote desktop connection ( RDC ) untuk pemakaian SCM Navision di private cloudnya LHB Singapore.
Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia
         Gambar diatas merupakan interface dari virtual management system VMware.

Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia
Gambar diatas merupakan aplikasi LPO berbasis web yang dapat diakses melalui internet dan untuk keperluan internal. Pengguna memerlukan userid dan password yang setiap bulan akan berganti. Aplikasi ini juga memiliki alert sistem untuk menyetujui transaksi yang terjadi, dan alert tersebut terkirim ke blackberry dan email sistem.

Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia
Gambar diatas merupakan aplikasi IT management system, yang merupakan aplikasi berbasis web dapat diakses melalui internet, dibangun dengan framework php. API yang diterapkan dalam aplikasi ini lebih difokuskan kepada fungsi monitoring peralatan TI di KHI.

Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia
Gambar diatas merupakan remote desktop connection berbasis web, diimplementasikan dalam mesin virtual ketiga dengan sistem operasinya windows XP, ketika user mengakses mesin virtual ketiga melalui koneksi internet, maka secara automatis mesin virtual ketiga akan terkoneksi dengan server KHB Singapore. Aplikasi ini juga menggunakan platform API

Jaringan pada mesin virtual ketiga ini didukung dengan private cloud melalui koneksi internet berbasis VPN IPSec yang disupply oleh provider Biznet.
Virtualisasi dan integrated network pada PT. Kian Ho Indonesia
Gambar diatas merupakan aplikasi stockcard berbasis web yang diimplementasikan dalam mesin virtual pertama, dengan database yang berada di mesin virtual kedua dengan sistem operasi linux.



Yah, demikianlah postingan kali ini Penerapan Komputasi Awan dengan studi  Studi kasus pada PT. Kian Ho Indonesia.
Semoga bermanfaat.
Main Refferences : Herwin Anggeriana.
0 Komentar untuk " Penerapan Komputasi Awan Studi kasus PT. Kian Ho Indonesia. "

Back To Top