Smart Phone Terbaru di Amazon

Apa itu E-Commerce..

Yap, seperti.. pada postingan saya sebelumnya.. saya sudah mengatakan bahwa saya akan membahas secara kusus, tentang E-Commerce. Anda bisa baca disini postingan saya sebelumnya. yang dimana waktu itu saya membahas tentang salah satu tingkatan pada jenis layanan Cloud Computing. dimana tingkatan Layanan Pada Cloud Computing.. berkaitan dengan e-commerce.
Ok Apa siii.. itu E-Commerce... makanan apa ini sebenarnya..?? hhee... Ya tentu, bagi mereka yang sudah expert di bidang ini pasti sudah hafal di luar kepala.. karena mereka sudah berkecimpung di dunia ini. tapi,, bagi mereka yang belum tau...??? ya.. seperti saya ini..??? ok deh.. yuk, kita belajar bareng.....
Apa itu E-Commerce..

Apa itu E-Commerce..

Saya mau tanya.. kira-kira apa yang ada di benak sobat, ketika melihat dua gambar di atass..??? mungkin, ada yg merasa biasa-biasa aja.. karna itu gambar pasar.. !! atou ada yang bilang.. itu gambar toko online mas...!!! ok deh... itu betul. ya dari pada penasaran simak ulasan berikut.. :D
  • Sejarah singkat dan Pengertian E-Commerce
Dimulai dari Gedung Putih pada bulan Juli tahun 1997,, mendeklarasikan telah terjadinya sebuah revolusi industri baru yang akan berdampak pada stabilitas ekonomi global, yaitu sejalan dengan fenomena maraknya bisnis secara elektronik/digital dengan menggunakan internet sebagai medium bertransaksi. Metode bertransaksi ini kemudian lebih dikenal sebagai istilah “E-Commerce”.
Menurut Association for Electronic Commerce Secara sederhana mendifinisikan E-Commerce sebagaimekanisme bisnis secara elektronis”. 
Sedangkan menurut sebuah konsorsium industri, CommerceNet, E-Commerce merupakan penggunaan jejaring komputer (komputer yang saling terhubung) sebagai sarana penciptaan relasi bisnis”.  Dan menambahkan bahwa, di dalam E-Commerce terjadi “proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet atau pertukaran dan distribusi informasi antar dua pihak di dalam satu perusahaan dengan menggunakan intranet”.
Lalu, Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready” (Hartman, 2000) mendefinisikan bahwa E-Commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C)”.
Dan dari kalangan Akademisi menyebut E-Commerce adalah salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital”.
Ya, Kurang lebih demikian definisi dari E-Commerce.. sekarang sedikit lebih paham donk..?? ok lanjut...
Lalu apa yang menjadi Ciri khas dari E-Commerce ini...??? Yap istilah E-Commerce ini memiliki beberapa karakteristiik yang harus di pahami, di antaranya..
  1. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak.
  2. Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi. dan
  3. Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Itu lah hal yang menjadi karakteristik dari E-commerce , dan yang perlu di garis bawahi adalah di poin ke tiga,, diman Internet merupakan hal yag membedakan E-Commerce dengan Proses Dagang pada umumnya. OK,, sampe disini  pasti mengerti kan...??

  • Dumay vs Dunia Nyata

E-Commerce

Menurut Peter Fingar, dalam beberapa bukunya yang terkenal mengungkapkan bahwa pada prinsipnya E-Commerce menyediakan infrastruktur bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi proses bisnis internal menuju lingkungan eksternal tanpa harus menghadapi rintangan waktu dan ruang (time and space) yang selama ini menjadi isu utama.

Selain itu Fingar juga menambahkan, ada 4 relasi dalam berbisnis, yaitu :

1. Relasi dengan pemasok (supplier);
2. Relasi dengan distributor;
3. Relasi dengan rekanan (partner); dan
4. Relasi dengan konsumen (customer).

Gambaran Relasi bisnis menurut Fingar , di gambarkan pada gambar berikut ini :
Apa itu E-Commerce.

Di lain itu, sebuah perusahaan biasanya membangun 3 jenis jaringan tehnologi informasi, seperti yang kita tau.. yaitu Internet, Intranet dan Extranet.
  • Internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan perusahaan dengan domain publik, seperti individu, komunitas, institusi, dan organisasi. Jalur ini merupakan jalur termurah yang dapat digunakan perusahaan untuk menjalin komunikasi efektif dengan konsumen. Mulai dari tukar menukar data dan informasi sampai dengan transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan murah melalui internet. Jenis Ecommerce yang cocok memakai jalur internet ini adalah B-to-C.
  • Intranet merupakan infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan semua sumberdaya manusia, baik manajmen maupun staf, dalam sebuah perusahaan sehingga dengan mudah mereka dapat saling berkomunikasi untuk menunjang aktivitas bisnis sehari-hariAplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi biasanya diimplementasikan di dalam sistem intranet ini.
  • Extranet : sebuah infrastruktur jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dan rekanan bisnisnya. Jika dahulu teknologi EDI (Electronic Data Interchange) banyak dipergunakan untuk keperluan ini, tipe Ecommerce B-to-B merupakan pilihan tepat untuk membangun sistem ekstranet di perusahaan.


Yah, Demikian para pembaca yang budiman... sedikit tentang Apa itu E-Commerce.. mudah-mudahan bermanfaat postingan kali ini. sebenarnya, masih banyak lagi bila kita bicara soal e-commerce. Ya.. tapi karna terbatasnya waktu, mata udah ngantuk.. tenaga juga udah tinggal tenaga sisa.. hhe! next time deh mudah-mudahan juga.. saya bisal melanjutkan postingan di menu E-commere ini.. karna pada dasarnya secara pribadi saya juga masih belajar dan ingin terus menambah pengetahuan . ok sobat dumai.. salam sukses... buat kita semua.. 
0 Komentar untuk " Apa itu E-Commerce.. "

Back To Top