Yap, seperti.. pada postingan saya sebelumnya.. saya sudah mengatakan bahwa saya akan membahas secara kusus, tentang E-Commerce. Anda bisa baca disini postingan saya sebelumnya. yang dimana waktu itu saya membahas tentang salah satu tingkatan pada jenis layanan Cloud Computing. dimana tingkatan Layanan Pada Cloud Computing.. berkaitan dengan e-commerce.
Ok Apa siii.. itu E-Commerce... makanan apa ini sebenarnya..?? hhee... Ya tentu, bagi mereka yang sudah expert di bidang ini pasti sudah hafal di luar kepala.. karena mereka sudah berkecimpung di dunia ini. tapi,, bagi mereka yang belum tau...??? ya.. seperti saya ini..??? ok deh.. yuk, kita belajar bareng.....
Saya mau tanya.. kira-kira apa yang ada di benak sobat, ketika melihat dua gambar di atass..??? mungkin, ada yg merasa biasa-biasa aja.. karna itu gambar pasar.. !! atou ada yang bilang.. itu gambar toko online mas...!!! ok deh... itu betul. ya dari pada penasaran simak ulasan berikut.. :D
- Sejarah singkat dan Pengertian E-Commerce
Dimulai dari Gedung Putih pada bulan Juli tahun 1997,, mendeklarasikan
telah
terjadinya
sebuah
revolusi
industri
baru
yang akan berdampak pada
stabilitas
ekonomi
global, yaitu sejalan dengan
fenomena
maraknya
bisnis
secara
elektronik/digital
dengan
menggunakan
internet
sebagai
medium bertransaksi.
Metode
bertransaksi
ini
kemudian
lebih
dikenal
sebagai
istilah
“E-Commerce”.
Menurut Association for Electronic Commerce Secara sederhana mendifinisikan
E-Commerce sebagai “mekanisme
bisnis
secara
elektronis”.
Sedangkan menurut sebuah konsorsium industri, CommerceNet, E-Commerce merupakan “penggunaan jejaring
komputer
(komputer
yang saling terhubung) sebagai
sarana
penciptaan
relasi
bisnis”. Dan menambahkan bahwa,
di dalam E-Commerce terjadi
“proses pembelian dan
penjualan
jasa
atau
produk
antara
dua
belah
pihak
melalui
internet atau pertukaran dan
distribusi
informasi
antar
dua
pihak
di dalam satu perusahaan dengan
menggunakan
intranet”.
Lalu, Amir Hartman dalam bukunya
“Net-Ready” (Hartman, 2000) mendefinisikan bahwa E-Commerce adalah “suatu jenis dari mekanisme bisnis
secara
elektronis
yang memfokuskan diri
pada
transaksi
bisnis
berbasis
individu
dengan
menggunakan
internet
sebagai
medium pertukaran barang
atau
jasa
baik
antara
dua
buah
institusi
(B-to-B)
maupun
antar
institusi
dan
konsumen
langsung
(B-to-C)”.
Dan dari kalangan Akademisi menyebut E-Commerce adalah “salah satu cara memperbaiki kinerja
dan
mekanisme
pertukaran
barang,
jasa,
informasi,
dan
pengetahuan
dengan
memanfaatkan
teknologi
berbasis
jaringan
peralatan
digital”.
Ya, Kurang lebih demikian definisi dari E-Commerce.. sekarang sedikit lebih paham donk..?? ok lanjut...
Lalu apa yang menjadi Ciri khas dari E-Commerce ini...??? Yap istilah E-Commerce ini memiliki beberapa karakteristiik yang harus di pahami, di antaranya..
- Terjadinya transaksi antara dua belah pihak.
- Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi. dan
- Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
Itu lah hal yang menjadi karakteristik dari E-commerce , dan yang perlu di garis bawahi adalah di poin ke tiga,, diman Internet merupakan hal yag membedakan E-Commerce dengan Proses Dagang pada umumnya. OK,, sampe disini pasti mengerti kan...??
- Dumay vs Dunia Nyata
Menurut Peter Fingar, dalam beberapa bukunya yang terkenal mengungkapkan
bahwa
pada
prinsipnya
E-Commerce menyediakan infrastruktur
bagi
perusahaan
untuk
melakukan
ekspansi
proses bisnis internal menuju
lingkungan
eksternal
tanpa
harus
menghadapi
rintangan
waktu
dan
ruang
(time and space)
yang selama ini menjadi isu utama.
Selain itu Fingar juga menambahkan, ada 4 relasi dalam berbisnis, yaitu :
1. Relasi dengan pemasok
(supplier);
2. Relasi dengan distributor;
3. Relasi dengan rekanan
(partner); dan
4. Relasi dengan konsumen
(customer).
Gambaran Relasi bisnis menurut Fingar , di gambarkan pada gambar berikut ini :
Di lain itu, sebuah perusahaan biasanya membangun 3 jenis jaringan tehnologi informasi, seperti yang kita tau.. yaitu Internet, Intranet dan Extranet.
- Internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan perusahaan dengan domain publik, seperti individu, komunitas, institusi, dan organisasi. Jalur ini merupakan jalur termurah yang dapat digunakan perusahaan untuk menjalin komunikasi efektif dengan konsumen. Mulai dari tukar menukar data dan informasi sampai dengan transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan murah melalui internet. Jenis Ecommerce yang cocok memakai jalur internet ini adalah B-to-C.
- Intranet merupakan infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan semua sumberdaya manusia, baik manajmen maupun staf, dalam sebuah perusahaan sehingga dengan mudah mereka dapat saling berkomunikasi untuk menunjang aktivitas bisnis sehari-hari. Aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi biasanya diimplementasikan di dalam sistem intranet ini.
- Extranet : sebuah infrastruktur jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dan rekanan bisnisnya. Jika dahulu teknologi EDI (Electronic Data Interchange) banyak dipergunakan untuk keperluan ini, tipe Ecommerce B-to-B merupakan pilihan tepat untuk membangun sistem ekstranet di perusahaan.
Yah, Demikian para pembaca yang budiman... sedikit tentang Apa itu E-Commerce.. mudah-mudahan bermanfaat postingan kali ini. sebenarnya, masih banyak lagi bila kita bicara soal e-commerce. Ya.. tapi karna terbatasnya waktu, mata udah ngantuk.. tenaga juga udah tinggal tenaga sisa.. hhe! next time deh mudah-mudahan juga.. saya bisal melanjutkan postingan di menu E-commere ini.. karna pada dasarnya secara pribadi saya juga masih belajar dan ingin terus menambah pengetahuan . ok sobat dumai.. salam sukses... buat kita semua..
Tag :
E-Commerce
0 Komentar untuk " Apa itu E-Commerce.. "