Smart Phone Terbaru di Amazon

4 Tips merwat komputer agar tahan lama

Selamat berjumpa kembali pembaca yang budiman... dimanapun anda berada.. :)
Yap, senang sekali bisa kembali menyapa anda semuanya.
Ok, langsung saja ... kali ini saya akan men share sedikit tentang tips-tips beberapa cara merawat komputer kita, supaya kinerja komputer kita bisa tahan lama, wuiizz tahan lama ya boy.. ya iya lah... kadang tanpa di sadari sbenarnya masalah-masalah yang terjadi ada pada kompi kita, tu karna kelalaina kita jarang merawat kondisi komputer kita. Ya entah karna kurang paham, ato emang kita males ngerawat.. hehe...
Masalah-masalah seperti kinerja kompi jadi lemot.. sering not responding hal ini disebabkan banyak  hal, mulai dari  pemasangan software yang tidak penting, banyaknya file atau data yang tidak penting di kompi kita, bahkan kompi kita tanpa disadari udah jadi markas virus.. aaowww dan masih banyak lainya..
Hal demikian dimana ini kadang bikin kita kesal ,, gimana tidak.. orang lagi focus-fokus ya di depan kompi.. ehhh kompi kita ngadat , mogok , lemott ngehang.. dan kawan-kawannya yang penting jangan sampe njebluuugggg.... hehe...
Makanya hati-hati broo,

Ok deh, langsung ke TKP... Begini tips nya...
1. Pasang Anti virus
Kenapa pasang anti virus,, ya jelas mas ... dosen saya pernah bilang gini.. lu ga pasang antivirus sama aja lu bunuh diri. Wizzz serem ya.. apa lagi kebanyakan dari kita pake OS Windows kan..?
Banyak anti virus yang bisa anda gunakan,  dari yang free hingga proo.. tp ya jelas mas.. lo yang proo ya bayar.. hee...
Kalo saya boleh rekomendasiin.. Avast cukup lumayan brooo..! dari sekian banyak antivirus, Avast cukup lumayan dalam hal mencaga kompi kita tetep aman dari virus baik kita lagi offline maupun online. Fitur-fiturnya juga bagus menurut saya, anda bisa cari sendiri yaa kemampuan dari avast...
Selain avast ada anti virus yang asli dari dalam negri yang cukup lumayan broo... ya pasti sudah pada ga asing kan. Yap Smadav, antivirus ini cukup tok cerrr broo.. khusunya kalo ada file dari kompi atao flasdisk kita yang terHidden . wahh.. smadav ini kata orang jawa...mandii bgt sob. hheee
Yap terserah masing-masing si... Menurut saya gitu.. selama ini Cuma pake dua anti virus ini aman aman aja(rutin menscan ya).
Silakan yang mau sedot Avast disini,, Smadav disini.

2. Rutin men DEFRAG Local Disk
Defrag..??? apa itu..??? ya mudahnya gini... kalo ibaratkan local disk kita tu lemari,, file-file yang kita punya miliki di dalamnya itu adalah bukunya. Kalo kita melihat buku-buku yang ada di lemari pada berantakan , pasti kita ingin merapihkanya lagi bukan..?? nah kurang lebih mendefrag tu sprti itu... merapihkan kembali file-file yang ada di media penyimpanan kompi kita ntah itu di Local Disk C,D ato E.
Cara nya bagaimana...?? gini..
Tekan tombol start -> all program -> accessories -> system tools -> pilih Disk Defragmenter.
Atao juga bisa lewat local disnya langsung -> klik kanan local disk -> property -> tools -> defragment now. Jangan lupa Analize Disk dulu,, baru Defrag.

3. Lakukan Disk Cleanup secara berkala
Dari artinya Clean up /membersihkan. Sudah jelas, kalo ingin tetep bersih ya sering mandi. Hee..
Caranya hampir mirip seperi no 2,karena satu paket bawaan langsung dari windows. Disk Cleanup itu sendiri merupakan sebuah cara untuk menghapus banyak file yang tidak dibutuhkan pada hard drive. Disk Cleanup sangat penting dilakukan bro.. untuk mencari file sampah dan untuk membebaskan beberapa ruang disk kita, terutama file yang mungkin tidak jelas, seperti temporary file yang digunakan oleh Windows atau saat kita browsing internet . Oleh karenanya, dengan menggunakan disk cleanup akan memberikan manfaat supaya sistem bersih dari file sampah dan membebaskan ruang disk.

4.Pasang Software pembersih/perawat komputer.
Seperti yang sudah saya singgung di atas, kadang kita tu ga sadar. Padahal.. kalo kita sering online, putar music,video, dan pasang banyak software di kompi kita. Itu dapat membuat kompi kita jadi lemot. Apalagi jarag kita rawat. Ya bisa bayangin sendiri laa....
Ok, saya rekomendasikan lagi.. beberapa software pembersih  di antaranya ada :
  • CCleaner.
Software ini cukup baik dalam membersihkan sampah-sampah yang ada di kompi kita(bukan sampah organic/unorganik lo yaa). Ada beberapa fitur menarik dini..
Di menu pembersih pada tab windows, ada bisa memeilih di bagian2 mana yang mau di bersihin. Begitu pun di tab aplikasi, anda tinggal centang aplikasi apa dan bagian2 mna. Yg mau dibersihin. Tinggal klik analisa, trus jalankan ccleaner.
Disamping itu ada jg di menu registry, yang bisa menghapus registry-registri yang sdah ga terpakai di kompi kita. Biasanya tu dari software2 yang sdh kita uninstall.
kalo mau sedot disini.
  • Glary Utilities.
Sofware ini cukup kumplit ya.. ga pake telor sih,.. :p..! karena memiliki fungsi yang hampir sama seperti yang sudah dibahas di n0 2-4. Karena setelah kita menginstal software ini.. dia langsung mengintegrasi ke windows kita. Jadi jangan heran kalo sofware ini memiliki fitur-fitur seperti defrag, disk clean up dll.

Selain itu tab menu Advanced tools. Juga banyak fitur-fitur yang menarik lainya yaa yang anda bisa coba sendiri, di antaranya ada wipe free space, Erased Hystory daaaann lain-lain..!!
Oleh karenya ini akan sangat membantu, sehingga mempermudah kita dalam rangka merawat kompi kita tetap stabil dan tahan lama. Tidak ada salahnya untuk di coba bro. silakan, sedot disini.


Yaaaa mungkin demikian tips yang saya bisa share mengenai bagaimana cara merawat komputer. Udah pegel ni tanagan.. :D
Karena bagaimanapun juga kan ada pepatah bilang lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ok dehhh..
Kalo yang mau sharing bareng, bisa share di comen, dan jng lupa bantu like n share artikel ini jg yaa...
Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk " 4 Tips merwat komputer agar tahan lama "

Back To Top