Smart Phone Terbaru di Amazon

Manfaat dan Tujuan Komputasi Awan

Manfaat dan Tujuan Kompitasi Awan

Selamat Berjumpa kembali Pembaa yang budiman..
Pada Postingan saya sebelumnya sudah di Jabarkan.. mulai dari Konsep, Elemen, infrastruktur hingga penerapandengan studi kasus dari PT.Telkom sampai dengan Google web Service dari komputasi awan, yang anda bisa baca di blog ini. Untuk melanjutkan pembahasan mengenai Cloud Computing, Pada postingan kali ini akan coba saya share mengenai , Apa sih manfaatnya Komputasi Awan itu..?? dan Apa sih Tujuanya..??? ok seperti biasa.. yang menjadi rujukan saya di bab komputasi awan ini adalah E-book dari penulis yang menurut saya kompeten dalam hal computasi awan, yaitu Mr. Herwin Anggeriana. Yuk kita simak bareng-bareng..

Dengan adanya cloud computing akan mengubah paradigma perusahaan ataupun organisasi IT dalam memandang investasi teknologi komunikasi informasi. "Investasi untuk modal capital berubah menjadi biaya operasional dengan besaran yang lebih efisien akibat adanya cloud computing,dan ini membuat para pengguna (user) bebas berkreasi dan tidak perlu menyediakan infrastruktur (data center, processing power, storage, sampai ke aplikasi desktop) untuk dapat memiliki sebuah sistem, karena semuanya sudah disediakan secara virtual.

Disaat ini kebutuhan akan pemakaian , pemeliharaan dan keamanan sistem informasi semakin meningkat, mendorong perusahaan ataupun organisasi untuk meningkatkan dan mengamankan sistem mereka, namun Karena perusahaan ataupun organisasi tidak memiliki sumber daya yang besar untuk membeli sistem untuk keperluan mereka dan bahkan untuk memelihara sistem informasi mereka ,terlebih lagi untuk mengamankan sistem tersebut maka kemungkinan besar Cloud Computing akan menjadi pilihan pertama dan kemungkinan besar akan berkembang, khusunya di Indonesia. Bahkan dengan Cloud Computing, mereka (perusahaan / organisasi) hanya menyewa layanan atau jasa dari penyedia Cloud Computing.

Dengan Cloud Compuitng ini dapat mengurangi investasi awal dari sebuah perusahaan atau organisasi yang membutuhkan pememakaian, pemeliharaan dan keamanan sistem informasi yang lebih baik. Dalam hal ini investasi yang besar bagi sebuah perusahaan atau organisasi akan berubah menjadi suatu sistem operasional yang mudah dikelola, bahkan penyedia jasa seperti Software as a Service (SaaS) yang ada di Cloud dapat menawarkan harga yang sangat rendah karena faktor ekonomi.

Dengan Cloud Computing kita tidak perlu lagi dikuatirkan dengan adanya kompleksitas Teknologi saat ini. Perusahaan dan organisasi yang dalam usahanya menggunakan Teknologi Informasi tidak perlu takut dengan hal-hal yang dapat mengancam keamanan sistem informasi mereka dan bahkan dalam hal peng-updatetan suatu Teknologi atau aplikasi yang dipakai , karena semuanya itu bisa diserahkan kepada penyedia layanan di Cloud Computing.

Cloud Computing jangan dijadikan sebagai -Core Business bagi sebuah perusahaan tapi sebaliknya jadikan-lah Cloud Computing ini sebagai -Support Business, prinsip ini yang benar karena Cloud Computing sebagai penunjang suatu perusahaan dalam mengelola sistem informasi yang ada di perusahaan tersebut dengan maksud dan tujuan untuk kelangsungan bisnis dari perusahaan tersebut, karena Cloud Computing memberikan solusi bagi perusahaan untuk meringankan operasional perusahaan tersebut dalam hal pengolahan data.

Dan berikut, Manfaat dari Cloud Computing :
  • Skalabilitas - Mudah meningkatkan kapasitas, sebagai kebutuhan komputasi berubah, tanpa membeli peralatan tambahan.
  • Accessibility - Akses data dan aplikasi melalui internet dari mana saja.
  • Mengurangi Biaya.
  • Shift Beban - Free staf TI internal dari pembaruan dan isu-isu konstan.

Keprihatinan utama mengenai cloud computing adalah masalah keamanan dan kehandalan. Banyak organisasi mengalami kesulitan untuk mempercayai informasi dengan vendor pihak ketiga. Ketika mengevaluasi kebutuhan komputasi Anda, penting untuk mempertimbangkan baik manfaat dan risiko dari Cloud Computing. Sebagai contoh, data-kerugian yang mungkin baik itu dalam Cloud Computing dan sistem perusahaan tradisional, tetapi dalam banyak kasus vendor Cloud Computing akan memiliki lebih banyak sumber daya yang tersedia dengan cepat dan akurat memperbaiki kegagalan ini.

Selain itu dengan teknologi Cloud Computing (komputasi awan) akan memberikan dampak lebih ekonomis dan sumber daya IT yang digunakan lebih efisien, saat aplikasi bisnis dioperasikan dalam suatu lingkungan.

Jasa Cloud adalah bisnis yang paling cepat tumbuh dan berkembang dengan pendekatannya untuk memberikan aplikasi dan layanan dari mana saja ke pelanggan apapun, pada perangkat apapun. Sebuah pergeseran yang terjadi dengan komputasi awan yang membentang di alam teknologi dan bisnis, sebuah pergeseran yang dramatis akan mengubah bisnis dan bagaimana menggunakan teknologi untuk memenuhi persyaratan.

Dengan Cloud Kemampuan untuk menangani tugas-tugas penting, dapat dilakukan lebih efisien oleh karena dilakukan oleh pihak ketiga, apakah mereka merupakan inti atau bukan inti dengan bisnis anda, adalah sebuah model bisnis yang umum dan merupakan layanan yang bisa menguntungkan anda.

Komputasi awan membawa tujuh manfaat potensial. Kurang lebih sebagai berikut :
  • Data yang disimpan terpusat.
  • Respon cepat.
  • Kehandalan kode uji.
  • Log ( records tak terbetas ).
  • Kinerja Perangkat Lunak dengan tingkat keamanan yang tinggi.
  • Konstruksi yang handal.
  • Menghemat Biaya uji keamanan yang mahal.

Selain itu cloud computing dapat memenuhi persyaratan skalabilitas untuk memenuhi permintaan pengguna dengan cepat, namun tidak mengharuskan pengguna untuk menjadi ahli pada bidang teknologi. Dengan teknologi ini kita dapat memfasilitasi workflow application yang berskala besar.

Sehingga setiap user yang berorientasi pada penggunaan sistem yang berskala besar untuk keperluan organisasi atau perusahaan-nya, tidak perlu kuatir. Mengapa? ―teknologi ini (Cloud Computing) hadir untuk mengatasi itu. Sebagai contoh perusahaan yang memerlukan tempat penyimpanan yang besar untuk keperluan kerja perusahaan mereka, cloud dapat menyediakannya, tanpa harus perusahaan tersebut menyediakan server / storage yang besar untuk keperluan data mereka, yang sudah barang tentu memerlukan biaya yang besar.

Selain itu manfaat dan tujuan dari cloud computing dalam rangka mendukung perangkat lunak yang di gunakan pada Cloud Computing adalah sebagai berikut :
  • Sistem penagihan yang terencana dan biaya untuk komputasi yang murah pada tingkat yang sangat mantap.
  • Memberikan performance database yang baik dan handal.
  • Memiliki jaminan keamanan yang tinggi yang didukung dengan dedicated server.
  • Memungkinkan pengguna dapat meminta penyimpanan dalam jumlah besar atau kecil dengan cepat serta menyediakan system penyimpanan yang terstruktur yang disebabkan karena ruang penyimpanan yang di atur secara teratur .
  • Mengefisienkan penggunaan aplikasi dan pengefisienan perangkat keras yang selama ini di pergunakan user (semuanya tersedia di Cloud Computing).
  • Menghemat / menekan penggunaan ruang yang berlebihan.
  • Mendukung program go green.



Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainya seputar Cloud Computing :

0 Komentar untuk " Manfaat dan Tujuan Komputasi Awan "

Back To Top