Smart Phone Terbaru di Amazon

Klasifikasi Grids Computing

Masih Melanjutkan Pembahasan mengenai Grid Computing, kalo dalam postingan sebelumnya sudah dijelaskan Apa itugrid Computing, Arsitekturnya, dan potensi Keuntungan yang ada di grid Computing. Maka dalam postingan kali akan saya lanjutkan yaitu tentang Klasifikasi Grids. Ok langsung saja berikut penjelasanya :

Ada dua Model Utama dalam pengklasifikasian Grid ini , dua Model tersebut adalah :
  1. Fokus pada Sumber Daya
  2. Lingkup Berbagi/Share Sumber Daya yang terlibat
Untuk lebih Lanjut, kita mulai dari konsep yang pertama..

1. Fokus pada Sumber Daya
  • Compute Grids, fokus pada berbagi/sharing sumberdaya komputasi, seperti CPU.
  • Data Grids, fokus pada pengendalian penyimpanan, manajemen distribusi dan sharing data heterogen bersekala besar.
  • Application Grids, berhubungan dengan manajemen aplikasi dan penyediaan akses untuk meremot software dan transparansi libraries.
  • Service Grids, hasil dari konvergensi Grid dan berorientasi layanan Computing dan mendukung berbagi efisiensi layanan.
2. Lingkup Berbagi/Share Sumber Daya yang terlibat
  • Cluster Grids
Cluster Grids, atau kelompok, adalah kumpulan komputer yang dihubungkan dengan jaringan berkecepatan tinggi dan didesain untuk digunakan komputasi terpadu atau sumberdaya pengolahan data.
Cluster Grids


Sebuah cluster adalah entitas homogen. komponen-komponennya berbeda terutama dalam komfigurasi, bukan arsitektur dasar.
Cluster grid adalah sumberdaya lokal yang beroprasi di dalam firewall dan dikendalikan oleh entitas administratif tunggal yang memiliki kontrol penuh atas setiap komponen.
  • Enterprise Grids
Istilah Enterprise Grid digunakan untuk merujuk kepada penerapan Grid Computing untuk berbagi sumber daya dalam batas-batas dari satu perusahaan.
Semua komponen dari Enterprise Grid beroperasi di dalam firewall perusahaan, tetapi mungkin heterogen dan secara fisik didistribusikan di beberapa lokasi perusahaan dan mungkin miliki domain administrasi yang berbeda.
Infrastruktur Enterprise Grids


Dengan spesifik Enterprise Grid middleware, sumber daya TI yang tersedia divirtualisasi dan dapat dikelola secara terpadu dan pusat. Mereka juga dapat dialokasikan untuk proses sesuai dengan permintaan.
  • Utility Grid Services
Sebuah Grid yang dimiliki dan digunakan oleh penyedia layanan pihak ketiga disebut Utility Grid. Layanan yang ditawarkan melalui Utility Grid adalah utilitas komputasi, yaitu kapasitas komputasi dan atau penyimpanan dengan cara pay-per-use. Sebuah Utilitas Grid beroperasi di luar firewall pengguna.
Utility Grid arsitektur

Pengguna tidak memiliki Utility Grid dan tidak memiliki kontrol atas operasi. Ini berarti bahwa perusahaan pengguna Utility Grid harus mengirimkan data dan permintaan untuk komputasi dan mengumpulkan hasil dari proses tersebut. Jadi, dengan menggunakan utilitas Grids, resiko keamanan dan privasi serta kekhawatiran mengenai keandalan meningkat.
  • Partner/Community Grids
Ide Partner atau Community Grids berasal dari e-science. Banyak upaya penelitian, khususnya dalam ilmu alam, membutuhkan upaya penelitian bersama dari para ilmuwan dan berbagi infrastruktur dari lembaga penelitian dari seluruh dunia. Kerjasama ini biasanya menghasilkan Organisasi Virtual (VO) di mana berbagi sumber daya berlangsung.
Partner and Community Grids diaktifkan oleh Grids middleware tertentu, yang memiliki fungsi utama sebagai berikut:
  1. Virtualisasi dan paparan dari sumber daya TI masing-masing perusahaan yang berpartisipasi dengan Virtual Organisasi.
  2. Dukungan untuk penegakan kebijakan berbagi sumber daya.
  3. Koordinasi pelaksanaan proses umum dan alur kerja. Hal ini khususnya menyangkut alokasi sumber daya bersama untuk tugas umum.
  4. Dukungan untuk penegakan kebijakan keamanan dan privasi individu dan umum.
  5. Dukungan untuk pemantauan sumber daya bersama.
  6. Dukungan untuk memantau penggunaan sumber daya umum dan bersama dan jika dukungan yang diperlukan untuk prosedur otentikasi, akuntansi dan pembayaran.
  7. Dukungan opsional untuk akses melalui browser dan melalui antarmuka Portal.

Partner Grid



Ref : Katarina Stanoevska-Slabeva, Thomas Wozniak, Santi Ristol Grid and Cloud Computing - A Business Perspective on Technology and Applications  2009
0 Komentar untuk " Klasifikasi Grids Computing "

Back To Top