Smart Phone Terbaru di Amazon

Cara Membuat Video dari Foto

Cara Membuat Video dari Foto
Selamat berjumpa kembali sobat semua... Ok kali ini saya akan menshare sedikit info buat sobat, yaitu Cara membuat Video dari foto.

Pasti sobat sering lihat kan entah itu di Youtube, atao dimana pun.. kalo video yang sobat lihat itu isinya hanya foto yang berganti - ganti dan di iringi dengan musik sebagai pelengapnya. Hampir mirip dengan saat kita presentasi menggunakan Powerpoint. Atou mungkin sobat punya ide, ingin mendokumentasikan foto-foto penting sobat kedalam bentuk video, sehingga lebih menarik..??? ok tenang aja.. ini sedikit tips boat sobat sekalian.

Caranya sangat mudah, dan software yang digunakan pun friendly banget.. Yaitu menggunakan Windows Live Movie Maker. Sebenarnya banyak software lain yang bisa sobat coba, bahkan dari power point Office 2013 pun juga bisa..!! tapi karena Software ini merupakan Tools bawaan langsung dari windows, jadi kita ga usah repot-repot nginstal lagi..! Tapi kalo Windows sobat tidak ada tools ini, sobat jangan khawatir, download aja DISINI atao ga DISINI.

Langsung saja ke pembahasan berikut :
Buka saja toolsnya,, sobat bisa mengetikan di startmenu Windows Live Movie Maker, seperti gambar berikut:
Cara Membuat Video dari Foto
Atou bisa membukanya langsung dari fotonya langsung yang ingin dibuat video. Dengan cara, klik pada foto lalu pada menu open pilih Windows Live Movie Maker, atou juga klik kanan gambar à open with à Windows Live Movie Maker. (lihat gambar berikut)
Cara Membuat Video dari Foto
Cara Membuat Video dari Foto

Kemudian Berikut Tampilan Awalnya:
Cara Membuat Video dari Foto

Keterangan pada menu Home :
1. Untuk menambahkan foto/video
2. Menambahkan music
3. Mengambil gambar langsung dari cam leptop
4. Snapshot dan credit, menambahkan tulisan-tulisan
5. tema movie
6. Fasilitas editing seperti Putar gambar dan cut
7. Share , bila ingin membagi video ke socmed.
8. Editor/Timelate Project
9. Pemutar Project.

Dan berikut contoh singkatnya ,,merubah foto menjadi video. Kita tambahkan saja foto yang kita suka. Yang perlu diperhatikan,, Durasi dari masing-masing foto.. (lihat gambar dibawah) misal di gambar 1, gambar tersebut akan berdursi 7 detik. Maka setelah 7 detik akan ganti gambar berikutnya. Dari masing-masing gambar kita bisa menentukan sendiri durasinya.
Cara Membuat Video dari Foto

Lalu kita pilih temanya. (terserah mau langsung dikasih tema ato tidak).
Cara Membuat Video dari Foto

Kemudian untuk memperindah video yang akan kita buat , kita bisa menambahkan music , liat gambar berikut:
Cara Membuat Video dari Foto
Di atas kita bisa liat, ada dua pilihan yang bisa kita gunakan. Add music disini apabila kita ingin musik yang kita tambahkan akan di putar dari awal video. Lalu, pada pilihan kedua.. Add music at the current poit artinya apabila kita ingin musik yang kita tambahkan akan di putar pada saat durasi tertentu. Missal di menit ke 4, kita ingin menganti musik, untuk menyesuaikan video yang kita bikin. Maka kita bisa menggunakan pilihan ini, maka musik tadi akan di putar mulai menit ke 4.
Ok sampai disini.. maka Project yang kita buat sekarang sudah teriri dari 3 komponen yaitu gambar,yang akan di buat video, musik, dan text. Kita bisa memanipulasi sesuka kita.
Cara Membuat Video dari Foto

Contohnya, apabila kita akan mengatur musik, pada menu music tools.. (lihat gambar dibawah).

Ada 2 Tab disini yaitu Tab 1 (Audio), dan Tab 2 (Editing). Ok perhtikan penjelasanya berikut :
Tab 1 = terdiri dari Music Volume dan ada pilihan Fade in(awalan music) dan fade out(akhiran music). Disini Ada 4 kategori yaitu None, Slow, Medium dan Fast. Misalnya kita ingin music yang kita tambahkan ketika di putar di awali dengan suara yang dari kecil dan membesar dan di akhir music dengan suara yang mengecil. Maka kita tinggal pilih Fade in nya Slow dan Fade out nya Slow. Paham ya..?
Tab 2 = terdiri dari Split (untuk memotong music) Start time(waktu mulai) dan End point(waktu selesai).

Berikut contohnya :
Missal kita, mau memotong music di bagian tertentu (contoh di bawah yg ada tanda panah). Setelah kita tentukan bagianya tinggal klik Split aja, maka akan terpotong menjadi dua bagian. Nah di bagian ini kita bisa membuangnya dengan cara klik kanan pada bagian yang akan dibuang lalu remove.
Cara Membuat Video dari Foto
Cara Membuat Video dari Foto

Kemudian,, selanjutnya kita bisa memanipulasi Text yang ada di project kita, biar lebih menarik. Dengan mengklik teks nya dari pemutar project langsung(liat gambar di bawah).
Cara Membuat Video dari Foto

Keterangan
No 1 = Letak text yang akan di edit.
No 2 = edit text.
No 3 = Durasi tampilan text.
No 4 = Animasi text (pilih sesuka hati).

Lanjut ke bagian selanjutnya, Untuk lebih menambah keindahan project video kita kita bisa menambahkan pada Tab Menu Animations. Disini ada duasub menu Yaitu Transitions dan Pan&Zom (liat gambar dibawah).
Transisi disini gunanya menambahkan animasi di setiap transisi antar foto yang kita tambahkan. Lalu Pan and Zoom adalah untuk animasi gerakan foto, seperti dari atas ke bawah, samping kanan dll.
Cara Membuat Video dari Foto

Kita juga bisa menambahkan efek pada foto kita, semisal ingin efek hitam putih atou yang lainya. Melalui Tab Menu Visual effects.
Cara Membuat Video dari Foto

Dan apa bila kita ingin mengatur ukuran layar pada project kita, kita bisa menggunakan Aspect Ratio, yang ada di Tab Menu Project (liat gambar dibawah).
Cara Membuat Video dari Foto

Ok setelah dirasa project yang kita bikin sudah sesuai keinginan kita. Kita bisa menyimpanya melalui menu Save Movie di samping menu Share. Nah disini kita bisa memilih ukuran dan kualitas seperti apa dari project kita. Kalo boleh disarankan pilih yang For email aja, biar nanti ukuranya tidak terlalu besar tapi kualitasnya masih bagus. Coz untuk yang lainya seperti HD, itu ukuranya akan sangat besar dan proses nyimpenya juga aga lama, ya tergantung juga dari durasi project kita. Pilih sendiri..
Cara Membuat Video dari Foto

Ok sob, selesai... 

Silahkan yang mau download modulnya DISINI

Dan berikut Contoh Singkat video yang di buat dari foto.

Mudah-mudahan bermanfaat. Gada salahnya untuk di coba.. barangkali sobat ingin membuat moment-moment tertentu lebih menarik, missal saat bersama keluarga, teman dan bahkan pacar. Hhee.. !  Make it batter sob...
Kembangkan terus kreatifitas.. bikin indah aja moment hidup kita dan jangan dibikin pusing.
Sekian.. selamat mencoba...
1 Komentar untuk " Cara Membuat Video dari Foto "

Your article is very useful. Every day your diary inspire ME nice deal} and helped to develop one thing new like I actually have developed a replacement app 8 ball pool hack apk latest version this is often great and nice-feeling.Thanks for the awing posts, please keep updated often.

Back To Top