Canvas biasanya di gunakan untuk aplikasi multimedia seperti,
games.
Canvas juga digunakan untuk membuat gambar di applikasi,
seperti menggambar lingkaran, persegi dll .
Berikut contohnya :
Kita buat aplikasi androidnya, beri nama serta configurasi
projectnya .
Setelah
itu kita buka scr java.nya dan ketikan code berikut:
Package canvas.example.canvas;
Import android.os.Bundle;
Import android.app.Activity;
Import android.content.Context;
Import android.graphics.Canvas;
Import android.graphics.Color;
Import android.graphics.Paint;
Import android.view.View;
public class MainActivity extends Activity {
@Override
Protected void
onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas1(this));
}
Static public class canvas1 extends View{
public canvas1(Context
context) {
// TODO
Auto-generated constructor stub
super(context);
}
Protected void
onDraw
(Canvas canvas){
Paint
paint = newPaint();
Paint
paint2 = newPaint();
Paint
paint3 = newPaint();
paint3.setTextSize(30);
paint.setColor(Color.RED);
paint2.setColor(Color.YELLOW);
paint2.setAlpha(100);
paint3.setColor(Color.BLUE);
canvas.drawCircle(100,
100, 50, paint);
canvas.drawRect(200,
250, 300, 50, paint2);
canvas.drawText("Hello
Hoho", 50, 200, paint3);
}
}
}
Apabila saat mengisi code, terjadi error seperti
gmbar di bawah ini, pilih saja yang ketiga .
Setelah tidak ada yang error run saja
projectnya.. hasilnya seperti berikut :
CONTOH
2 menggunakan Bitmap.
Buat
project baru.
Masuk
ke scr.java ketikan kode berikut :
import android.os.Bundle;
import android.annotation.SuppressLint;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Bitmap;
import android.graphics.BitmapFactory;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Paint;
import android.view.Menu;
import android.view.View;
public class MainActivityextends Activity {
@Override
Protected void
onCreate(Bundle
savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas3 (this));
}
Private void setContenView
(canvas3 canvas3){
}
Static public class canvas3 extends View{
Bitmap
myImage;
public canvas3(Context
context) {
super(context);
// TODO
Auto-generated constructor stub
myImage =
BitmapFactory.decodeResource(context.getResources(), R.drawable.ic_launcher);
}
@SuppressLint("DrawAllocation")
protectedvoidonDraw (Canvas
canvas){
Paint
paint = newPaint();
canvas.drawBitmap(myImage, 120, 20,
paint);
}
}
@Override
Public Boolean onCreateOptionsMenu(Menu
menu) {
// Inflate the menu; this adds
items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;
}
}
Lalu
Run.
Tampilan
gambar di atas merupakan gambar logo yang tadi kita bikin saat menggkonfigurasi
projct diawal tadi.
Gambar
diatas kita bisa merubahnya, caranya.. masukan dulu gambah yang akan ditambahkan,
ke folder res > drawaable-xxhdpi. Capi paste saja. Usahakan format gambarnya
adalah PNG.
Dan
rubah sedikit pada codenya, di bagian R.drawable nya. Semisal disini
menambahkan gambar dengan nama b.
BitmapFactory.decodeResource(context.getResources(),
R.drawable.b);
Setelah
itu run saja , hasilnya sebagai berikut:
Tag :
Tutorial Android
0 Komentar untuk " Tutorial Android : CANVAS "