Smart Phone Terbaru di Amazon

Tutorial Android : CANVAS


Aplikasi Android CANVAS

Canvas biasanya di gunakan untuk aplikasi multimedia seperti, games.
Canvas juga digunakan untuk membuat gambar di applikasi, seperti menggambar lingkaran, persegi dll .
Berikut contohnya :

Kita buat aplikasi androidnya, beri nama serta configurasi projectnya .




Setelah itu kita buka scr java.nya dan ketikan code berikut:



Package canvas.example.canvas;

Import android.os.Bundle;
Import android.app.Activity;
Import android.content.Context;
Import android.graphics.Canvas;
Import android.graphics.Color;
Import android.graphics.Paint;
Import android.view.View;

public class MainActivity extends Activity {

@Override
Protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas1(this));
    }
Static public class canvas1 extends View{

            public canvas1(Context context) {
                  // TODO Auto-generated constructor stub
                  super(context);
    }
            Protected void onDraw (Canvas canvas){
                  Paint paint = newPaint();
                  Paint paint2 = newPaint();
                  Paint paint3 = newPaint();
                  paint3.setTextSize(30);
                  paint.setColor(Color.RED);
                  paint2.setColor(Color.YELLOW);
                  paint2.setAlpha(100);
                  paint3.setColor(Color.BLUE);
                  canvas.drawCircle(100, 100, 50, paint);
                  canvas.drawRect(200, 250, 300, 50, paint2);
                  canvas.drawText("Hello Hoho", 50, 200, paint3);
                 
            }
            }
}



Apabila saat mengisi code, terjadi error seperti gmbar di bawah ini, pilih saja yang ketiga .

Setelah tidak ada yang error run saja projectnya.. hasilnya seperti berikut :



CONTOH 2 menggunakan Bitmap.

Buat project baru.






Masuk ke scr.java ketikan kode berikut :


import android.os.Bundle;
import android.annotation.SuppressLint;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Bitmap;
import android.graphics.BitmapFactory;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Paint;
import android.view.Menu;
import android.view.View;

public class MainActivityextends Activity {

@Override
Protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas3 (this));
    }
Private void setContenView (canvas3 canvas3){
     
    }
Static public class canvas3 extends View{
            Bitmap myImage;

            public canvas3(Context context) {
                  super(context);
                  // TODO Auto-generated constructor stub
                  myImage = BitmapFactory.decodeResource(context.getResources(), R.drawable.ic_launcher);
            }
            @SuppressLint("DrawAllocation")
            protectedvoidonDraw (Canvas canvas){
                  Paint paint = newPaint();
                  canvas.drawBitmap(myImage, 120, 20, paint);
            }
     
    }


@Override
Public Boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;
    }

}


Lalu Run.



Tampilan gambar di atas merupakan gambar logo yang tadi kita bikin saat menggkonfigurasi projct diawal tadi.
Gambar diatas kita bisa merubahnya, caranya.. masukan dulu gambah yang akan ditambahkan, ke folder res > drawaable-xxhdpi. Capi paste saja. Usahakan format gambarnya adalah PNG.


Dan rubah sedikit pada codenya, di bagian R.drawable nya. Semisal disini menambahkan gambar dengan nama b.



BitmapFactory.decodeResource(context.getResources(), R.drawable.b);



Setelah itu run saja , hasilnya sebagai berikut:


0 Komentar untuk " Tutorial Android : CANVAS "

Back To Top